Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Cipta Wardaya

Seorang pembelajar dan pecinta vespa. Bagiku keluarga dan sahabat adalah harta yang paling berharga. www.soulofcipta.blogspot.com selengkapnya

Menilai Kualitas Pendidikan

OPINI | 16 July 2010 | 12:16 Dibaca: 419   Komentar: 0   0

Apakah kualitas itu? Kualitas memiliki dua konsepyang berbeda antara konsep absolute dan relative. Dalam konsep absolute sesuatu barangdisebut berkualitas bila memenuhi standar tertinggi dan sempurna. Artinya barang tersebut sudah tidak ada yang melebihi. Dalam konsep ini kualitas mirip dengan suatu kebaikan, kecantikan, kepercayaan, yang idealtanpa ada kompromi. Kualitas dalam makna absolute adalah yang terbaik, tercantik, terpercaya. Sedang di dalam dunia pendidikan, konsep kualitas absolute biasanya bersifat elitis. Hal ini disebabkan oleh karena hanya sedikit lembaga pendidikan yang mampu menawarkan kualitas tinggi kepada peserta didiknya.

Dalam konsep relative, kualitas bukanlah merupakan atribut dari produk atau jasa. Sesuatu dianggap berkualitas jika barang atau jasa memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Oleh karena itu, dalam konsep relative ini kualitas bukanlah merupakan tujuanakhir, melainkan sebagai alat ukur atas produk akhir dari standar yang ditentukan. Dalam konsep relative produk yang berkualitas adalah yang sesuai dengan tujuannya.

Berbicara mengenai kualitas memang banyak sekali definisi yang bisa diberikan. Ada yang menyebutkan bahwa kualitas atau mutu adalah suatu nilai atau suatu keadaan. Namun pada umumnya kualitas memiliki beberapa elemen-elemen. Pertama, meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Kedua, mencakup produk,jasa, manusia, proses, dan lingkungan. Ketiga, merupakan kondisi yang selalu berubah. Jadi kualitas secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi bahkan melebihi harapan.

Memahami kualitas dalam konteks pendidikan kita menggunakan konsep relative. Saat ini banyak pengamat dan stackholder pendidikan yang mengukur kualitas pendidikan atas dasar perolehan nilai ujian atau prestasi akademik. Di Indonesia sendiri kualitas pendidikan sering kali diukur dari rata-rata nilai Ujian Nasional atau Indeks Prestasi Komulatif yang berupa kalkulasi angka-angka semata. Tentu penilaian kualitas pendidikan semacam ini masih sangat sempit, sebab kualitas pendidikan itu mencakup banyak aspek dan hal-hal yang begitu komplek. Bukan sekedar hasil nilai berupa angka-angka.

Dari berbagai sumber

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Seluk Beluk Industri Plastik …

Dhanang Dhave | | 16 April 2014 | 13:07

Perang Saudara Kian Dekati Timur Eropa …

Adie Sachs | | 16 April 2014 | 17:51

Pelecehan Anak TK di Jakarta International …

Sahroha Lumbanraja | | 16 April 2014 | 13:53

Cinta Nggak Cinta Itu Bisa Dijelaskan, …

Gilang Parahita | | 16 April 2014 | 14:49

Kompasianer Mengawal Pemilu 2014 …

Kompasiana | | 09 April 2014 | 04:17


TRENDING ARTICLES

Akun Dinda Tidak Takut Komen Pedasnya Pada …

Febrialdi | 5 jam lalu

Prabowo Terancam Tidak Bisa Bertarung di …

Rullysyah | 5 jam lalu

Memalukan! Kapten Persebaya dan Pelatih …

Ethan Hunt | 14 jam lalu

Tolak Mahfud MD atau Cak Imin, PDIP Duetkan …

Ninoy N Karundeng | 15 jam lalu

Benarkah ‘Bertemu Dubes AS, Jokowi …

Kosmas Lawa Bagho | 16 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: