Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Cipta Wardaya

Terkadang qt terlalu mudah men-judge seseorang, seolah qt tau segalanya tentang kehidupan orang tsb. Padahal selengkapnya

Menilai Kualitas Pendidikan

OPINI | 16 July 2010 | 12:16 Dibaca: 420   Komentar: 0   0

Apakah kualitas itu? Kualitas memiliki dua konsepyang berbeda antara konsep absolute dan relative. Dalam konsep absolute sesuatu barangdisebut berkualitas bila memenuhi standar tertinggi dan sempurna. Artinya barang tersebut sudah tidak ada yang melebihi. Dalam konsep ini kualitas mirip dengan suatu kebaikan, kecantikan, kepercayaan, yang idealtanpa ada kompromi. Kualitas dalam makna absolute adalah yang terbaik, tercantik, terpercaya. Sedang di dalam dunia pendidikan, konsep kualitas absolute biasanya bersifat elitis. Hal ini disebabkan oleh karena hanya sedikit lembaga pendidikan yang mampu menawarkan kualitas tinggi kepada peserta didiknya.

Dalam konsep relative, kualitas bukanlah merupakan atribut dari produk atau jasa. Sesuatu dianggap berkualitas jika barang atau jasa memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Oleh karena itu, dalam konsep relative ini kualitas bukanlah merupakan tujuanakhir, melainkan sebagai alat ukur atas produk akhir dari standar yang ditentukan. Dalam konsep relative produk yang berkualitas adalah yang sesuai dengan tujuannya.

Berbicara mengenai kualitas memang banyak sekali definisi yang bisa diberikan. Ada yang menyebutkan bahwa kualitas atau mutu adalah suatu nilai atau suatu keadaan. Namun pada umumnya kualitas memiliki beberapa elemen-elemen. Pertama, meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Kedua, mencakup produk,jasa, manusia, proses, dan lingkungan. Ketiga, merupakan kondisi yang selalu berubah. Jadi kualitas secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi bahkan melebihi harapan.

Memahami kualitas dalam konteks pendidikan kita menggunakan konsep relative. Saat ini banyak pengamat dan stackholder pendidikan yang mengukur kualitas pendidikan atas dasar perolehan nilai ujian atau prestasi akademik. Di Indonesia sendiri kualitas pendidikan sering kali diukur dari rata-rata nilai Ujian Nasional atau Indeks Prestasi Komulatif yang berupa kalkulasi angka-angka semata. Tentu penilaian kualitas pendidikan semacam ini masih sangat sempit, sebab kualitas pendidikan itu mencakup banyak aspek dan hal-hal yang begitu komplek. Bukan sekedar hasil nilai berupa angka-angka.

Dari berbagai sumber

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Belajar Tertib Anak-anak Jepang di Taman …

Weedy Koshino | | 01 September 2014 | 14:02

Karet Loom Bands Picu Kanker …

Isti | | 01 September 2014 | 20:48

Manajemen Pergerakan dan Arah Perjuangan …

Jamesallan Rarung | | 01 September 2014 | 22:12

Florence …

Rahab Ganendra | | 01 September 2014 | 19:09

9 Kompasianer Bicara Pramuka …

Kompasiana | | 01 September 2014 | 13:48


TRENDING ARTICLES

Pak Jokowi, Saya Jenuh Bernegara …

Felix | 11 jam lalu

Dilarang Parkir Kecuali Petugas …

Teberatu | 12 jam lalu

Ini Kata Rieke Dyah Pitaloka …

Uci Junaedi | 12 jam lalu

Ini Pilihan Jokowi tentang Harga BBM …

Be. Setiawan | 13 jam lalu

Ahok Dukung, Pasti Menang …

Pakfigo Saja | 15 jam lalu


HIGHLIGHT

Walikota Kota Bogor Bima Arya Sugiarto …

Hakeem Elfaisal | 8 jam lalu

Guru (di) Indonesia …

Inne Ria Abidin | 8 jam lalu

“Remember Me” …

Ruby Astari | 8 jam lalu

Subsidi BBM: Menguntungkan atau Malah …

Ian Wong | 9 jam lalu

Dua Oknum Anggota POLRI Terancam Hukum …

Inne Ria Abidin | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: