Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Nanang Muchllisin

Seorang mahasiswa PGSD yang sedang rajin menimba ilmu

Eksplorasi,Kolaborasi dan konfirmasi

OPINI | 07 November 2010 | 03:52 Dibaca: 29   Komentar: 0   0


v:* {behavior:url(#default#VML);}
o:* {behavior:url(#default#VML);}
w:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:”";
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”,”serif”;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-unhide:no;
border:solid windowtext 1.0pt;
mso-border-alt:solid windowtext .5pt;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid windowtext;
mso-border-insidev:.5pt solid windowtext;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”,”serif”;}

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No. ……………………………

Sekolah : ……………………..

Mata Pelajaran : ……………………..

Kelas/Semester : ……………………..

Waktu : …………..( ….x pertemuan )

  1. STANDAR KOMPETENSI

……………………………………….

  1. KOMPETENSI DASAR

………………………………………..

  1. INDIKATOR

1. …………………………………..

2. …………………………………..

3. ………………………………….. dst.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. …………………………………..

2. …………………………………..

3. ………………………………….. dst.

  1. MATERI PEMBELAJARAN

………………………………………

  1. METODE DAN MODEL PEMBELAJARA

1. Metode Pembelajaran:

a. Ceramah

b. Karya Wisata (peta wisata)

c. Pemberian Tugas

d. Tanya jawab

2. Model Pembelajaran: Kontekstual

3. Langkah-langkah Pembelajaran

NO

KEGIATAN

WAKTU

METODE

1

Pendahuluan

· Tanya jawab pelajaran yang lalu dikaitka dengan saat ini

· Menjelaskan tujuan pembelajaran

· Menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan: pembentukan kelompok dan tugas

5’

- Ceramah

- Tugas

- Diskusi

2

Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

· ………………………………..

· …………………………………dst

b. Elaborasi

· ………………………………..

· …………………………………dst

c. Konfirmasi

· ………………………………..

· …………………………………dst

………..’

-

3

Penutup

a. Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil kegiatan siswa

b. Mengadakan penilaian

………..’

4. Sumber Belajar

1. ……………………………….

2. ……………………………….

3. ……………………………….dst

5. Penilaian

Indikator Penilaian

Teknik Penskoran

Bentuk Penilaian

Instrumen

1. ……………………………….

Lisan

Isian

Terlampir

2. ……………………………….

Lisan

Jawaban singkat

Terlampir

3. ……………………………….

Tertulis

Isian

Terlampir

Skor nilai: skor perolehan x …..

Kunci jawaban:

No.

Jawaban

Skor Nilai

1.

………………………………………………………………………

20

2.

………………………………………………………………………

40

3.

………………………………………………………………………

40

Kebumen,……………………………………

Mengetahui:

Kepala Sekolah …………………………….

Guru Kelas….

Uraian :

Pelaksanaan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditunjukkan untuk membangkitkan motifasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran

Beberapa kegiatan pendahuluan yang dapat dilakukan guru dalam kegiatan pendahuluan meliputi :

a. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran,

b. mengajukan pertanyan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya degan materi yang akan dipelajari,

c. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai,

d. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan kegiatan sesuai silabus.

2. Kegiatan Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang memotifasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Kegiaytan ini menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diajarkan, dilakukan secara sistematis dan sistematik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

a. Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

1) melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam mengenai topik/ tema materi yang akan dipelajari;

2) menggunakan pendekatan, media, dan sumber belajar yang beragam;

3) memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antarpeserta didik dengan guru, lingkungkungan dan sumber belajar lainnya;

4) melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

5) memfasilitasi peserta didik untuk melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

b. Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

1) membiasakan peserta didik membacadan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

2) memasilitasi peserta didikuntuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertullis melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain;

3) memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

4) memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

5) memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

6) memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

7) memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan variasi kerja individual dan kelompok;

8) memfasilitasi peserta didik melakuka pameran, turnamen, dan festival atas produk yang mereka hasilkan; dan

9) memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

c. Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

1) memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isarat, ataupun hadiah terhadap keberhasilanpeserta didik;

2) memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik mellalui berbagai sumber;

3) memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan; dan

4) memfasilitasi peserta untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

3. Kegiatan Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman/ kesimpulan, penilaian, refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. Dalam kegiatan penutup, guru:

a. bersama-sama denga peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;

b. melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terproram;

c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layaan konseling dan atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

e. menyampaikan rencana pembelajaran untuk pembelajaran berikutnya.

Proses belajar merupakan proses yang kompleks dan senantiasa belangsung dalam berbagai situasi dan kondisi. Tujuannya ialah membantu orang belajar atau memanipulasi (merekayasa) lingkungan bukan hanya terbatas pada kegiatan yang dilakukqan oleh guru saj melainkan mencangkup semua kegiatan yang mempunyai pengaruh langsung pada proses belajar manusia.Setidaknya ada enqam prinsip yang perlu diimplementasikan guru dalam pembelajaran;

a. Pembelajaran berpusat pada peserta didik (Istudent centerd) sementara guru berperan sebagai fasilitator;

b. Penekanan diberikan lebih kepada pencapaian target kompetesi daripada penguasan materi;

c. Pengakomodasian keragamana dan sumber daya penddikan yang tersedia;

d. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan dan metode yang bervariasi;

e. Sumber belajar yang tidak terbatas pada guru; dan

f. Penilaia meliputi berbagai aspek yang menekankan pada proses dan hasil dengan standar pencapaian suatu kompetensi.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Remaja di Moskow Juga Suka Naik ke Atap KRL …

Lidia Putri | | 01 August 2014 | 19:28

Menelusuri Budaya Toleransi di Komplek …

Arif L Hakim | | 01 August 2014 | 18:18

Apakah ‘Emoticon’ Benar-benar Jujur? …

Fandi Sido | | 01 August 2014 | 18:15

“Tak Sempurna Hanya Tanpa …

Jarjis Fadri | | 31 July 2014 | 08:41

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Koalisi Merah Putih Tetaplah Merah Putih, …

Hanny Setiawan | 7 jam lalu

Jokowi Belum Dilantik, PKB Sudah Nagih Jatah …

Ikhlash Hasan | 8 jam lalu

Libur Lebaran, Bertemu Bule dan Supir Isteri …

Hendry Sianturi | 12 jam lalu

Membuat Tanda Salib di Pusara Ir. Soekarno …

Kosmas Lawa Bagho | 12 jam lalu

Info Hoax Umar Abuh Masih Disebarkan …

Gatot Swandito | 15 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: