Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Suryati Fkip

Saya seorang mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Sebelas Maret.Saya mempunyai cita-cita luhur selengkapnya

Makna Sebuah Irama dan Melodi. . . . . .

OPINI | 30 November 2010 | 03:16 Dibaca: 2334   Komentar: 1   0

Irama???????

Irama merupakan bahasa sehari-hari yang sering kita dengar di kepala kita..Tapi apakah tahu apakah makna irama tersebut..Irama adalah ketukan yang dilakukan secara teratur.Irama akan memperindah musik sehingga banyak orang dapat merasakan keindahan musik.

Irama juga mempunyai istilah lain yaitu ritme.Irama atau Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Menurut gitarpedia ritme adalah pengaturan logis rangkaian bunyi berdasarkan lama singkatnya ia dibunyikan agar menghasilkan sebuah gagasan musikal, tanpa not sekalipun kita masih bisa membuat musik yang berupa kumpulan bunyi tetabuhan ritmis, sebaliknya, musik tidak akan lengkap apabila tidak ada ritme, sekalipun kita memiliki macam-macam not dan warna suara.

ritme adalah suatu bagian dari melodi atau lagu. Ia berhubungan dengan distribusi not-not dalam waktu dan tekanan not-not itu. Not-not dalam waktu ini diberi berbagai nilai.

Ritme harus dibedakan dengan matra. Secara sederhana, matra adalah pengelompokan ketukan-ketukan dasar yang tetap dari suatu lagu. Dalam musik populer, ia disebut beat, suatu kata bahasa Inggris yang berarti “ketukan” dalam bahasa Indonesia. Jenis-jenis matra membentuk jenis-jenis birama seperti 2/4, 3/4, 4/4, 6/4, 3/8, 6/8, 9/8, dan 12/8. Angka di sebelah kiri garis miring menunjukkan jumlah ketukan per birama; angka di sebelah kanan menunjukkan nilai not dasar yang melandasi berbagai nilai not yang membentuk ritme suatu lagu.

Dari uraian pengertian di atas saya dapat menyimpulkan bahwa irama atau ritme merupakan unsur yang penting bagi pembentukan suatu musik.

Melodi??????

Melodi yaitu susunan rangkaian nada ( bunyi dengan getaran teratur ) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Di dalam pengertian melodi di atas, ada bunyi dan juga getaran. Maksud dari bunyi di sini yaitu peristiwa getaran. Sedangkan getaran bunyi itu dapat cepat dan dapat pula lambat. Jika suatu sumber bunyi bergetar dengan cepat, maka bunyi yang dihasilkan tinggi. Contohnya, gelang kaki atau gerincingan. Dan jika sumber bunyi itu lambat, maka bunyi kedengaran rendah. Contohnya, bunyi tambur besar.

Melodi ialah rangkaian nada secara tunggal yang terdengar satu-satu.Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa melodi terdiri dari nada-nada yang terangkai secara teratur.Nada-nada tersebut terangkai secara teratur dengan tinggi nada tertentu dalam sebuah sistem nada yang membentuk tangga nada tertantu.

Dalam belajar melodi,pertama-tama yang harus kita ketahui adalah mengenai notasi melodi.Notasi melodi adalah lambang-lambang yang menunjukkan tinggi rendahnya nada dalam melodi dituliskan dalam beberapa cara,seperti menggunakan balok not,huruf dan angka, Selain notasi melodi,kita juga harus mengetahui tentang tanda-tanda kromatis.Tanda-tanda kromatis terdiri dari tanda krois yang berfungsi untuk menaikkan not setengah nada lebih tinggi,tanda nol yang berfungsi untuk menurunkan not setengah nada dan tanda pugar untuk mengembalikan not ke tinggi nada semula.

Melodi adalah suatu gabungan dari rangkaian tingginada (pitch) dan ritme. Rangkaian tingginada dan ritme ditandai oleh rangkaian not dan tanda-diam dengan bermacam-macam nilai. Tergantung kebutuhan, harmoni – gabungan dua, tiga, empat nada atau lebih menurut aturan tertentu – dan lirik adalah bagian lain dari melodi.

Rangkaian not suatu melodi dibentuk oleh interval. Interval adalah “jarak” antara dua not, sejauh satu di antaranya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Jarak antara not do dan re atau sebaliknya secara bertangga membentuk interval kedua karena Anda membunyikan secara naik-turun dua not. Interval ketiga, keempat, kelima, keenam, ketujuh, dan kedelapan masing-masing adalah do-mi (ada tiga not, do-re-mi); do-fa (ada empat not, do-re-mi-fa); do-sol; do-la; do-si; dan do-do (do kedua lebih tinggi sejauh delapan nada dari not do pertama). Selain itu, ada interval yang berjarak lebih jauh dari satu oktaf, seperti interval ke-9 (do-re dengan re titik satu di atasnya), interval ke-10 (do-mi dengan mi titik satu di atasnya), interval ke-11 (do-fa dengan fa titik satu di atasnya), dan interval lain yang lebih jauh jaraknya.

Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).

Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal. Unit terkecil dari melodi adalah Motif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. Gabungan dari Motif adalah Semi Frase, dan gabungan dari Semi Frase adalah Frase (Kalimat). Sebuah Melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitu kalimat tanya (Antisiden) dan kalimat jawab (Konsekuen).

Itulah makna atau pengertian tentang irama dan melodi..Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya….Amien……

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Miss Sarah Ballard, Guru Inggris Madrasah …

Eddy Roesdiono | | 18 September 2014 | 12:24

Kritik kepada Mahfud MD …

Hendra Budiman | | 18 September 2014 | 13:21

Memperluas Keterbacaan Kompasiana Melalui …

Pepih Nugraha | | 18 September 2014 | 15:37

Tidak Ada Porter di Australia …

Roselina Tjiptadina... | | 18 September 2014 | 10:45

Nangkring Bareng Paula Meliana: Beauty Class …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 10:14


TRENDING ARTICLES

TKI “Pejantan” itu Jadi Korban Nafsu …

Adjat R. Sudradjat | 5 jam lalu

Penumpang Mengusir Petinggi PPP Dari Pesawat …

Jonatan Sara | 6 jam lalu

Modus Baru Curanmor. Waspadalah! …

Andi Firmansyah | 7 jam lalu

Bogor dan Bandung Bermasalah, Jakarta …

Felix | 7 jam lalu

Kejahatan di Jalan Raya, Picu Trauma …

Muhammad | 10 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: