Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Josse_harlin

Belajar dari ketidakbisaan dengan ambisi untuk keluar dari kebodohan , penjajahan pikiran , dan kesengsaraan selengkapnya

Tipe Karakter Manusia Modern??

OPINI | 29 July 2011 | 09:52 Dibaca: 576   Komentar: 2   0

Kali ini saya akan membahas tipe manusia menurut pandangan sempit saya. Mungkin banyak yang kita ketahui mengenai manusia, tapi tidak untuk karakternya.

Manusia?? Siapa yang tidak mengenalnya, makhluk yang mendapatkan kuasa tertinggi dibumi, dan memiliki budi,cipta,rasa,karsa nomor satu dari sang Pencipta.
Kesempurnaan dari manusia membuat banyak sekali insan dimuka bumi ini untuk mengungkapnya dalam fakta, tapi pengungkapan tersebut seakan tanpa akhir yang jelas, yach-begitu lah karena makhluk yang dikatakan “sempurna” ini memiliki banyak sekali kejutan yang istimewah untuk dapat ditelusi, kejutan yang terindah adalah karakter, karakter setiap manusia sulit sekali ditebak, setiap manusia yang lahir akan tercipta suatu karakter sendiri.

Hm…kesempatan yang besar ini akan saya tuangkan tipe manusia menjadi 4 jenis yang sangat spesifik. Termaksud dalam jenis apakah anda?? NB : hanya karangan amatir saya, jika keliru mohon dimengerti.

4 tipe manusia :
1. Penguasa
Penguasa adalah pemimpin, mereka memiliki kuasa atas apa yang akan mereka lakukan. Tipe penguasa memiliki andil yang sangat besar.
Ciri -ciri nya : adil, berani, percaya diri, motivator, suka memerintah, suka menjadi yang terdepan, berani menerima segala resiko, tidak pernah takut, siap menerima wewenang, mempunyai pengikut, banyak ide, wibawa, teladan dll.
Mereka yg dapat menjadi penguasa akan mudah memiliki segala -galanya. Penguasa sendiri memiliki resiko plg tinggi,karena penguasa berdiri atas harkat orang banyak. Namun tipe ini adalah yang Enak dan paling sedikit. Karena banyak dari kita tidak menyukai resiko dan tanggung jawab. Sifat seorang Penguasa biasanya suka memerintah dan tidak suka diperintah, suka melawan dan tidak suka dilawan, pemberani,tegas.

Apakah anda termaksud tipe penguasa??
Hanya 7% saja yang dapat menjadi penguasa.

Cth : kalau di RT, ayahlah seorang penguasa, setiap perintahnya layaknya kewajiban yg harus terpenuhi, ayah berkuasa untuk seisi rumah, siapa yang tidak tunduk atau ingin menjatuhkannya, silahkan angkat koper pergi.

2. Pengusaha
Tipe ke -2 yang tidak kalah pentingnya adalah pengusaha, dimana setiap sektor perekonomian di raih oleh pengusaha. Akan tetapi pengusaha tetap dibawah penguasa. Pengusaha hanya menjalan keuntungan untuk diri sendiri dan merupakan tipe kesayangan dari penguasa, karena pendapatan terbesar dari penguasa adalah pengusaha.
Kepintaran pengusaha yaitu menjalankan keuntungan dengan tangan orang lain. Ciri : suka fulus, berakal ekonomi yang kuat, pandai manajemen segalanya, pandai hitung, memiliki relasi kerja, tujuan akhir adalah keuntungan dll.
Tipe ini paling gampang di tebak, karena pengusaha akan membuka lapak bagi pekerjaan untuk manusia.
Pengusaha adalah mereka yang berpikir untuk kesenjangan kepribadian saja, namun mereka berada dalam kendali penguasa.
Tipe seperti ini dimiliki oleh 28% dari jumlah manusia.
Karena tipe ini dapat dipelajari dan ditekuni.

3. Pengikut
Nah, ini tipe teranyar sekaligus pantut untuk dikasihani. Pengikut adalah mereka yang tetap menjadi andil terbesar bagi penguasa dan pengusaha. Tanpa pengikut penguasa dan pengusaha hanya ide kosong yang tak dijalani.
Pengikut adalah mereka yang bersedia melakukan segala sesuatu untuk kesenjangan orang lain, terkadang mereka menjadi tumbal bagi sebuah kesuksesan. Mereka adalah pahlawan tanpa pernah dikenang, Nama mereka tidak mungkin pernah di ingat. Mereka hanya pekerja yang hanya memenuhi kebutuhan sendiri.
Ciri : tidak ada beban hanya melaksanakan ide orang lain, senang jadi bawahan, mudah putus asa, senang jika bisa susah dll.
Kaum yang terkasihani dalam berbagai aspek adalah kaum pengikut. Mereka hanya segerombolan yang menerima suap makanan dari penguasa ataupun pengusaha. Jasa mereka hanya sebuah keringat yang tak pernah terbayarkan. Mereka hanya memikirkan perut untuk hari ini, melakukan pekerjaan jangka pendek, ironis sekali yang menjadi kaum pengikut, karena menjadi senjata bagi penguasa dan pengusaha.
Kaum pengikut sendiri merupakan kaum terbanyak yaitu 63% dari jumlah penduduk dunia.
Cth : mereka yang bekerja siang -malam dan tidak punya waktu untuk hidup dan kerabat, mereka yang hidup hanya untuk kerja, mereka yang egois terhadap keyakinan diri, dll

4. Pengcipta
Mereka yang berjuang dan terus melawan sang penguasa dan pengusaha untuk membuat terobosan -terobosan baru. Dialah sang pencipta yang cikal bakal perubahan di dunia. Tanpa pencipta dunia hanya tempat yang stadnan. Pencipta tidak memiliki ikatan dg penguasa ataupun pengusaha, mereka lebih kepada kepribadian yang utuh untuk berusaha, berjuang, dan berkreasi.
Ciri -ciri: inisiatif, kreatif, pemberani, penyabar, percaya diri, wibawa, kharismatik, bijaksana, tanggung jawab dan Potensial. Mereka orang -orang yang berani mengatakan salah sebagai kesalahan, dan benar sebagai kebenaran. Membuat suatu ramuan baru untuk kepentingan hajas orang banyak.
Memiliki watak keras dan tujuan pasti : perubahan dunia.
Terkadang pencipta hadir dengan sosok yang aneh dan tidak layak, tapi derajat tertinggi menurutku adapadanya, sang pencipta. Yang meneruskan buah tangan dari sang maha kuasa di bumi. Layaknya sang maha kuasa, ia menurunkan sifatnya pada pencipta yang benar -benar ada dibumi. Tapi untuk menjadi pencipta anda layak berkecil hati karna jumlahnya hanya sekitar 2 % saja.
Contoh pencipta : albert einstein, thomas alva edison, honda, dan segala ilmuwan atau filsafat dunia yang lainnya.

Termaksud kategori manakah anda??

Jawab di comment saja.

Tags: life

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Mengubah Hujan Batu Menjadi Emas di Negeri …

Sekar Sari Indah Ca... | | 19 December 2014 | 17:02

Dilema Sekolah Swasta …

Ramdhan Hamdani | | 19 December 2014 | 18:42

PĂ©rouges, Kota Abad Pertengahan nan Cantik …

Angganabila | | 19 December 2014 | 19:54

Sang Penabuh Kabar …

Muhammad Armand | | 19 December 2014 | 10:18

Kompasiana Drive&Ride: “Tantangan …

Kompasiana | | 16 December 2014 | 17:35


TRENDING ARTICLES

Mau Lihat Orang Jepang Panik Antri Bensin? …

Weedy Koshino | 4 jam lalu

Talangi Lapindo, Trik Jokowi Jinakan …

Relly Jehato | 5 jam lalu

Mengapa Fuad Harus di Dor Sampai Tewas? …

Ibnu Purna | 6 jam lalu

Kenapa Steve Jobs Larang Anaknya Bermain …

Wahyu Triasmara | 7 jam lalu

Media Online, “Pelahap Isu Hoax” …

Ajinatha | 8 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: