Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Uaksena

Black dan Red Maroon dua warna yang selalu ada disekitarku dan bahkan kadang menempel di selengkapnya

Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran

OPINI | 05 December 2011 | 23:20 Dibaca: 2345   Komentar: 0   0

Lingkungan sebagai media pembelajaran

Pembelajaran yang efektif perlu di dukung oleh penggunaan media pembelajaran. Selain berfungsi sebagai alat bantu bagi guru dalam mengajar, media pembelajaran juga dapat menjadi alat bantu bagi siswa agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari. Untuk menigkatkan hasil belajar, maka media pembelajaran perlu dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa, termasuk di dalamnya adalah media lingkungan sekitas sebagai media dan sekaligus sumber belajar.

Berdasarkan beberapa pendapat para praktisi pendidikan menjadikan Lingkungan sebagai media dan sumber belajar para siswa dapat dioptimalkan dalam proses pengajaran untuk memperkaya bahan dan kegiatan belajar siswa di sekolah. Sehingga siswa tidak hanya membayangkan satu obyek di pelajarinya, akan tetapi akan mengetahui wujud asli dari obyek yang dipelajari sehingga dapat lebih mengetahui dan memahami obyek tersebut. Menurut Arsyad (2002) prosedur belajar untuk memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar ditempuh melalui beberapa cara antara lain survey, berkemah, karyawisata pendidikan,praktek lapangan,pelayanan pada masyarakat, manusia sumber. Dengan demikian secara umum media pembelajaan yang bersal dari lingkungan dapat berupa
lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan buatan.

Pembelajaran yang menjadikan objek lingkungan sebagai media tentu membutuhkan perencanaan pembelajaran khusus, di mana terdapat beberapa hal yang perlu dipertibangkan termasuk kesesuaian tujuan pembelajaran yang akan di capai dengan lingkungan yang akan di survei atau dijadikan objek media pembelajaran. Disamping hal-hal tekhnis lainnya seperti jarak tempat objek yang akan di tuju, jumlah biaya yang digunakan, dan kemudahan menyiapkan akomodasi dan perlengkapan selama melaksanakan pembelajaran di lingkungan alam.

Misalnya pada pembelajaran yang menggunakan teknik karyawisata, maka terlebih dahulu ditetapkan jenis objek wisata yang akan digunakan. Dan jika memungkinkan, maka objek wisata terseut dapat memiliki beberapa jenis objek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Misalnya mempelajari tentang species kupu-kupu, maka siswa dapat diarahkan ke Bantimurung objek Wisata terbaik di sulawesi selatan yang memiliki koleksi kupu-kupu terbanyak di dunia. Biasanya pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menjadikan alam sebagai objek adalah pembelajaran Sains.

Agar penggunaan lingkungan sebagai media dan sumber belajar berhasil baik hendaknya dipersiapkan secara saksama melalui tiga tahapan kegiatan yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam setiap tahapan di atas hendaknya dilibatkan guru dan siswa sehingga semua kegiatan belajar dan pemanfaatan lingkungan belajar menjadi tanggung jawab para siswa itu sendiri.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bukti Nyata Power Sosial Media; Jonan, Ahok, …

Prayitno Ramelan | | 23 November 2014 | 10:59

Curhat Kang Emil pada Ko Ahok di …

Posma Siahaan | | 23 November 2014 | 16:12

Menikmati Kompasianival 2014 Lewat Live …

Gaganawati | | 23 November 2014 | 06:26

Saliman, Buruh Biasa yang Cepat Tangkap …

Topik Irawan | | 23 November 2014 | 16:44

Maksimalkan Potensi Diri dan Gerak Lebih …

Kompasiana | | 21 November 2014 | 12:11


TRENDING ARTICLES

Selamat ke Pak Tjip, Elde dan Pakde Kartono …

Pakde Kartono | 13 jam lalu

Haru Biru di Kompasianival 2014 …

Fey Down | 18 jam lalu

Kesan-kesan Saya Ikuti Kompasianival 2014, …

Djarwopapua | 21 jam lalu

Catatan Kompasianival 2014: Aksi Untuk …

Achmad Suwefi | 23 jam lalu

Duuuuuh, Jawaban Menteri iniā€¦ …

Azis Nizar | 21 November 2014 22:51


Subscribe and Follow Kompasiana: