Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Khoirul Anwar

Belajar di UIN Yogyakarta

Pameran Sains SD di MI Wahid Hasyim

REP | 10 December 2011 | 08:49 Dibaca: 349   Komentar: 1   1

13235061311675400325Yogyakarta, 10 Desember 20011

“Waaahh? Kok bisa ya? Padahal tadi gak ada tulisannya lho, kok tiba-tiba ada? darimana?”, kata seorang Murid MI Wahid Hasyim Yogyakarta, saat mengiktui pameran sains SD yang diadakan Program Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga, Hari Ini (Sabtu, 10 Desember 2011) yang digelar di MI Wahid Hasyim Yogyakarta.

Murid-murid yang lain pun terlihat antusias mengikuti sejumlah pameran yang didemokan oleh para mahasiswa Pendidikan Kimia. Pameran ini sendiri merupakan tugas kuliah dari mata kuliah “Sains SD”, seperti yang dikatakan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga, Esti wahyu Widowati, bahwa kegiatan ini merupakan tugas rutin dan dilaksanakan sebagai tugas akhir mata kuliah Sains SD yang bertujuan sebagai bentuk implementasi dari teori-teori yang telah didapatkan oleh para mahasiswa.

Kegiatan ini sendiri sudah berjalan selama tiga tahun dengan mengambil tempat yang selalu berbeda, tetapi masih di tingkatan SD, dengan tujuan supaya ada komunikasi, pengenalan antara mahasiswa dengan para murid SD. Begitu pula sebaliknya, para murid SD diharapkan akan lebih mudah memahami dengan gejala-gejala sains yang sering kali ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, kepala MI Wahid Hasyim, menyambut dengan baik atas pameran yang telah dilaksanakan oleh para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Pesan yang beliau sampaikan kepada anak asuhnya adalah supaya mengikuti acara tersebut dengan baik karena belum tentu tahun-tahun depan acara semacam itu ada dan dilaksanakan di sini (MI Wahid Hasyim).

Di tempat terpisah, sejumlah mahasiswa yang menjaga stand mempersiapkan berbagai bentuk kegiatan yang berkaitan dengan  sains, mulai membuat alat peraga teropong kapal selam, roket sederhana dari korek api, telur yang dimasukkan dalam botol, replika gunung berapi dan masih banyak lagi pertunjukkan yang dipamerkan. Acara ini sendiri tidak hanya diikuti oleh para murid MI Wahid Hasyim, melainkan para Guru pun terlihat antusias mengikuti dan sesekali bertanya bagaimana konsep kerja percobaan yang ditampilkan tersebut.

“ Wah capek rasanya, tetapi senang juga”, begitu komentar seorang mahasiswa yang asyik menunggui stand. Menurutnya, membuat peragaan untuk Sains SD bukan hal yang gampang karena harus memikirkan apakah peragaan yang dibuat itu dapat diterima bagi tingkatan SD atau tidak. “Menurut kita mudah, tapi belum tentu mudah bagi para adik-adik (murid SD). Di sinilah kita dituntut untuk kreatif menuangkan ide-ide yang mudah diterima sekaligus menarik bagi mereka (murid SD)”, tambah sang mahasiswa.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Lolo Sianipar, Sukses Menjalankan Bisnis …

Erri Subakti | | 23 October 2014 | 19:54

Pak Jokowi, Rakyat Cuma Ingin Bahagia… …

Eddy Mesakh | | 23 October 2014 | 19:57

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

Gesture …

Pm Susbandono | | 23 October 2014 | 19:05

Catatan Yayat: Remote Control Traveller …

Kompasiana | | 23 October 2014 | 20:42


TRENDING ARTICLES

Kaesang: Anak Presiden Juga Blogger …

Listhia H Rahman | 7 jam lalu

Akankah Pemkot Solo Berani Menyatakan Tidak …

Agus Maryono | 10 jam lalu

Jokowi-JK Tak Kompak, Langkah Buruk bagi …

Erwin Alwazir | 10 jam lalu

Jonru Si Pencinta Jokowi …

Nur Isdah | 12 jam lalu

Pak Presiden, Kok Sederhana Banget, Sih! …

Fitri Restiana | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Jokowi Ngetest DPR …

Herry B Sancoko | 8 jam lalu

Penderita Lumpuh Layu Itu Hidupi Dua Kakak …

Asep Rizal | 8 jam lalu

Jalasveva Jayamahe, Mengembalikan Kejayaan …

Topik Irawan | 8 jam lalu

Buah Strawberry untuk Kesehatan Jantung …

Puri Areta | 8 jam lalu

Menangkan Demokrasi di Hong Kong …

Tasch Taufan | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: