Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

I Made Arimbawa

http://madecerik.wordpress.com

Pedoman Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Jasa Konsultasi Software SIMRS

OPINI | 20 March 2012 | 20:44 Dibaca: 4825   Komentar: 0   0

1332229320890572105Kegiataan pengadaan atau implementasi Software Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di lingkungan pemerintah baik dalam bentuk jasa konsultasi badan usaha, pengadaan barang (belanja modal) maupun jasa konsultasi lainnya dilakukan dengan tahap-tahap tertentu salah satunya adalah menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE). HPS/OE Software SIMRS disusun setelah menyusun Kerangka Acuan Kerja (KAK) atau Term of Reference (TOR). Salah satu fungsi HPS/OE adalah melihat kewajaran harga, membandingkan dengan penawaran-penawaran harga dari pihak konsultan/vendor. Dalam tulisan ini, penyusunan HPS/OE berdasarkan referensi nilai harga (Billing Rate) dari Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) tahun 2011.

Pengertian Harga Perkiraan Sendiri

Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owners Estimate (OE) adalah harga barang dan/atau jasa yang dikalkulasi secara keahlian dan berdasarkan data yang dapat dipertanggung jawabkan. Nilai total HPS bersifat terbuka dan bukan rahasia. Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia No 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, pada Pasal 66 Ayat 5 Butir a menyebutkan HPS digunakan sebagai alat untuk menilai kewajaran penawaran termasuk rinciannya. Kemudian pada Pasal 66 Ayat 7 Butir b disebutkan bahwa Penyusunan HPS didasarkan pada data harga pasar setempat, yang diperoleh berdasarkan hasil survei menjelang dilaksanakannya pengadaan barang/jasa dengan mempertimbangkan informasi yang meliputi informasi biaya satuan yang dipublikasikan secara resmi oleh asosiasi terkait dan sumber lain yang dapat dipertanggung jawabkan. Dengan demikian penyusunan HPS/OE merupakan salah satu kunci keberhasilan kegiatan pengadaan barang dan/atau jasa, sehingga instansi RS akan bisa mendapatkan SIMRS terbaik sesuai dengan kewajaran harga

Teknik Penyusunan HPS/OE Secara Umum

Teknik untuk penyusunan HPS/OE dapat dilakukan dengan beberapa metoda/cara, antara lain harga pasar, data kontrak di masa lalu, perhitungan Cost of Goods Sold (COGS), harga dari pabrikan, metoda Delphi maupun referensi harga lainnya seperti standar Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) ataupun Standar Biaya Umum (SBU) masing-masing daerah/institusi. Perhitungan-perhitungan didalamnya adalah termasuk komponen biaya-biaya, perhitungan Cost of Goods Manufactured, Perhitungan Cost of Goods Sold, Perhitungan biaya material dengan metode First in First Out (FIFO), Last In First Out (LIFO) ataupun Weight Average. Penyusunan HPS/OE juga harus mempertimbangkan analisa titik pulang pokok atau Break Event Point (BEP) Analysis dengan perhitungan komponen Fixed Cost, Variable Cost maupun Sales.

HPS/OE Untuk Kegiatan Jasa Konsultasi SIMRS

Salah satu referensi yang bisa dipergunakan untuk menyusun HPS/OE Jasa Konsultasi SIM Rumah Sakit (SIM RS) di lingkungan RS Pemerintah adalah menggunakan Billing Rate INKINDO (2011). Komponen-komponen HPS untuk jasa konsultasi terdiri dari 3 (tiga) bagian, antara lain :

  1. Biaya Langsung Personil (Remuneration)
  2. Biaya Langsung Non Personil
  3. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

BIAYA LANGSUNG PERSONIL

Biaya langsung personil dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Biaya Langsung Personil untuk Jasa Undangan Internasional (ICB) dan Jasa Undangan Nasional (NCB). Biaya langsung personil untuk jasa konsultasi dihitung menurut jumlah satuan waktu tertentu (bulan, hari, minggu, jam), yang ditetapkan berdasarkan pengalaman profesional yang setara sejak lulus perguruan tinggi.

BLP = GD + BBS + BBU + T + K + BL

Perhitungan Biaya Langsung Personil (BLP) adalah sebagai berikut :

dimana :

GD : Gaji Dasar; BBS : Beban Biaya Sosial; BBU : Beban Biaya Umum; T : Tunjangan; K : Keuntungan ; BL : Biaya Lain-Lain

Perhitungan Konversi Minimum Biaya Langsung Personil menurut satuan waktu adalah sebagai berikut :

SBOB = Satuan Biaya Orang Bulan (Person Month Rate)

SBOM = Satuan Biaya Orang Minggu (Person Week Rate)

SBOH = Satuan Biaya Orang Hari (Person Day Rate)

SBOJ = Satuan Biaya Orang Jam (Person Hour Rate)

SBOM = SBOB / 4,1

SBOH = (SBOB / 22) x 1,1

SBOJ = (SBOH / 8) x 1,3

BIAYA LANGSUNG NON PERSONIL

Biaya Langsung Non Personil adalah biaya langsung yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan proyekyang dibuat dengan mempertimbangkan dan berdasarkan harga pasar wajar dan dapat dipertanggung jawabkan serta sesuai dengan perkiraan kegiatan yang sudah disusun dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK / TOR). Komponen Biaya Langsung Non Personil terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu :

  • Reimbursable; yaitu biaya yang diganti sesuai dengan biaya yang dikeluarkan secara real/sesungguhnya (at cost)
  • Fixed Unit Rate; yaitu biaya yang diganti berdasarkan harga satuan yang sudah ditetapkan
  • Lump Sum; yaitu biaya suatu/beberapa unsur item dalam batas waktu tertentu dengan jumlah harga yang pasti dan tetap serta dibayarkan sekaligus.

Untuk lebih detail , mengenai Indek Biaya Langsung Personil dan Non Personil di seluruh Indonesia (File INKINDO 2011) dapat di download di sini

Download tulisan ini dalam versi lengkap (pdf) disini atau via scribd

Sumber :  http://www.madecerik.net

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Memotret Kinerja Warga Kubangwungan …

Roselina Tjiptadina... | | 21 December 2014 | 22:08

Kejutan Tingkah Polah Remaja di Lokasi …

Dhanang Dhave | | 22 December 2014 | 11:47

Rimba Beton dalam Labirin Kota …

Ratih Purnamasari | | 22 December 2014 | 11:25

Drama Proyek Jembatan Linggamas …

Kandar Tjakrawerdaj... | | 22 December 2014 | 12:32

Ayo Tulis Ceritamu untuk Indonesia Sehat! …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 21:46


TRENDING ARTICLES

Evan Dimas, Tengoklah Chanathip ‘Messi …

Achmad Suwefi | 9 jam lalu

Ibu Melemparku ke Tiga Benua …

Sunaryoadhiatmoko | 12 jam lalu

Hari Ibu Selow Aja …

Ifani | 12 jam lalu

Gol Telat Skrtel, Bawa Liverpool Imbangi …

Achmad Suwefi | 20 jam lalu

Karena Gede Pasek, SBY Akan Terus Berjaya …

Giri Lumakto | 21 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: