Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Titik Rimawati

Ibu Rumah Tangga yg berusaha menjadi wanita luar biasa. Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Matematika oh Matematika

OPINI | 03 May 2012 | 15:35 Dibaca: 476   Komentar: 0   0

Kenapa sampai saat ini matematika masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian banyak siswa?

Padahal hampir semua aspek kehidupan ini sangat erat berkaitan dengan yang namanya matematika.

Bahkan suatu ketika ada anak didik saya yang  berkata “Bu,,,,usulin pelajaran matematika itu dihilangkan saja”.”Memangnya kenapa?”kata saya.Anak ini menjawab, “habis susah bu,,,,bikin pusing aja”.

Dan tidak hanya anak ini saja yang mengeluh seperti itu. Kemudian saya coba mencari tahu,apa sih sebenarnyayang menyebabkan matematika begitu sulit dipahami anak-anak dan menjadi mata pelajaran yang paling menakutkan???

Dan menurut saya ternyata ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya,antara lain :

1. Guru,selama ini guru matematika dikenal sebagai guru yang paling galak,killer dan dan terlalu serius dalam menyampaikan materi.

2. Metode pembelajaran,matematika adalah salah satu ilmu pasti,jadi kalau bisa dalam menyampaikan materinya pun harus secara pasti artinya lugas dan sederhana namun mengenai sasaran.Terlalu banyak PR yang tidak dinilai juga merupakan metode yang kurang tepat.

3. Media pembelajaran, mungkin anak-anak akan lebih senang kalau belajar tidak hanya membaca buku,menghapalkan rumus,atau cuma mengukur suatu benda yang tidak ada.Jadi usahakan dalam pembelajaran matematika itu sekali-kali gunakan media yang menarik perhatian anak-anak,meskipun untuk anak kelas tinggi sekalipun.

Mungkin masih banyak penyebab yang lain yang menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menakutkan dan membosankan buat anak-anak.

Dari faktor -faktor penyebab di atas, saya mempunyai beberapa pendapat untuk membuat matematika itu lebih di sukai anak-anak,yaitu:

1. Seoarang guru matematika itu harus good looking dan menyenangkan,agar peserta didik tidak merasa kaku saat mengikuti proses KBM.

2. Siswa jangan terlalu diberi PR banyak,tapi tidak pernah dinilai atau diperiksa,karena hal ini akan membuat siswa bosan dan semakin tidak menyukai pelajaran ini.

3. Bila diperlukan,gunakan media dalam menyampaikan materi.

4. Kalau seorang guru menguasai bagaimana cara menghitung cepat,kasih tahu ke siswa bagaimana caranya,karena cara ini akan menjadi penyegaran tersendiri dalam belajar matematika.

Mungkin pendapat saya masih jauh dari dari harapan untuk membuat matematika itu menyenangkan. Tapi setidaknya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat matematika tidak lagi dianggap sebagai momok dalam belajar.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Transjakarta vs Kopaja AC, Pengguna Jasa …

Firda Puri Agustine | | 31 October 2014 | 12:36

Kenapa Orang Jepang Tak Sadar Akan Kehebatan …

Weedy Koshino | | 30 October 2014 | 22:57

Juru Masak Rimba Papua Ini Pernah Melayani …

Eko Sulistyanto | | 31 October 2014 | 11:39

Green Bay dan Red Island Beach, Dua Pesona …

Endah Lestariati | | 31 October 2014 | 11:47

Ayo Wujudkan Rencana Kegiatan Sosialmu …

Kompasiana | | 31 October 2014 | 10:19


TRENDING ARTICLES

Hasil Evaluasi Timnas U-19: Skill, Salah …

Achmad Suwefi | 4 jam lalu

Kabinet Jokowi Tak Disukai Australia, Bagus! …

Aqila Muhammad | 4 jam lalu

Menjawab Keheranan Jokowi …

Raden Suparman | 5 jam lalu

Pencitraan Teruus??? …

Boyke Pribadi | 5 jam lalu

Kabinet Kerja Jokowi-JK, Menepis Isu …

Tasch Taufan | 11 jam lalu


HIGHLIGHT

Demokrasi Pasar Loak …

Budhi Wiryawan | 7 jam lalu

Pak Jokowi Tolong Fokus pada Potensi, Sambil …

Thomson Cyrus | 7 jam lalu

Rayakan Ultah Ke-24 JNE bersama Kompasiana …

Kompasiana | 7 jam lalu

Transjakarta VS Kopaja AC, Pengguna Jasa …

Firda Puri Agustine | 8 jam lalu

Kasus MA, Pornografi dan Siapa Para …

Erwin Alwazir | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: