Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Gustaaf Kusno

A language lover, but not a linguist; a music lover, but not a musician; a selengkapnya

BH dan WC, Singkatan Dari Bahasa Apa?

HL | 14 May 2012 | 20:16 Dibaca: 16071   Komentar: 60   9

13369882601661270427

ilustrasi/admin(shutterstock.com)

Dua kata singkatan ini sangat lazim dipakai dalam wacana bahasa kita. Kalau ditanyakan dari bahasa apa singkatan-singkatan ini kita serap ke dalam kosakata Indonesia, maka jawaban pastinya adalah dari bahasa Belanda. Bukan hanya dua singkatan di atas yang sampai masa kini masih digunakan secara luas dalam percakapan sehari-hari dan tentunya hal ini cukup mencengangkan mengingat Belanda sudah angkat kaki dari negeri kita lebih dari 60 tahun. Kita masih fasih memakai singkatan-singkatan ini, tetapi boleh jadi akan mengangkat tangan bilamana diminta untuk memberikan kepanjangan dari singkatan-singkatan ini.

’WC’ adalah singkatan dari ’water-closet’ dan selain ‘tenar’ dipakai di negeri Belanda, juga diucapkan oleh warga sebagian besar negara-negara Eropa seperti Perancis, Italia, Jerman, Swiss, Polandia, Denmark, Romania, Hungaria, Norwegia dan sebagainya. Di AS, peturasan ini dinamai dengan ’restroom’ dan di Kanada dengan ’washroom’. ’BH’ adalah singkatan dari ’bustehouder’ (makna harfiahnya ’penahan payudara’). Dalam bahasa Indonesia ada padanannya yaitu ’kutang’, namun orang lebih nyaman menggunakan istilah BH ini.

13369832831216673679

(ilust panoramio.com)

Bilamana Anda akan membeli peralatan elektronik seperti kulkas atau AC maka pertanyaan pertama yang akan diajukan oleh si penjual biasanya adalah ’mau yang berapa PK?’ Apakah yang satu setengah PK atau dua PK? Tahukah Anda bahwa PK juga merupakan singkatan dari bahasa Belanda ’paardenkracht’ yang bermakna ’tenaga kuda’. Dalam bahasa Inggris dia disebut ’horse power’ (HP). Tapi sampai detik ini, kita masih tetap ’fanatik’ menggunakan PK dan tak pernah bilang TK (tenaga kuda) atau HP (horse power) untuk mengacu kepada kapasitas daya perangkat listrik tersebut.

Beberapa waktu berselang saya mendapat pertanyaan ’kejutan’ dari seorang kolega mengenai istilah ’harga EZ’. Saya kurang tahu apakah istilah ’harga EZ’ ini masih umum dipakai orang di zaman sekarang, namun yang saya ingat di seputar tahun 1960an dan 1970an, terminologi ini banyak dipakai orang untuk merujuk kepada ’harga yang ditetapkan oleh pemerintah’. Umumnya harga EZ ini diterapkan pada barang kebutuhan pokok masyarakat (sembako). Cukup sulit saya mencari rujukan kepanjangan dari singkatan EZ ini, bahkan dalam kamus bahasa Belanda pun tak tersua. Rupanya ’EZ’ ini merupakan singkatan dari ’(Departemen) van Economische Zaken’ atau Departemen Urusan Ekonomi (Ministry of Economic Affairs). Kementerian yang ada di zaman kolonial ini memang berwenang untuk menentukan ’harga tertinggi’ pada sejumlah komoditas.

Waktu masih aktif di dinas militer, saya seringkali mendengar istilah ’over VB’ merujuk kepada pengoperan rumah dinas kepada anggota militer yang baru datang dalam rangka alih tugas (tour of duty atau tour of area). Pengoperan ini tentu tidak cuma-cuma dan harus ditebus dengan jutaan rupiah, sekalipun rumah yang akan ditinggalinya adalah ’rumah dinas’. Seperti kata ’harga EZ’, istilah ’over VB’ ini sudah sangat jarang diketahui orang kepanjangannya. Dari rujukan yang saya peroleh, ”VB’ adalah singkatan dari ’Verhuren besluit’ (artinya ’keputusan sewa-menyewa’). Dalam istilah hukum, ’VB’ ini sebenarnya sudah disadur menjadi SIP (Surat Ijin Perumahan). Namun lagi-lagi, khalayak ramai lebih afdol mengucapkan VB ketimbang SIP.

Dalam terminologi militer juga dikenal singkatan CB yang merujuk kepada ’surat riwayat hidup’ atau kalau di masa kini kita lebih mengenalnya dengan CV (Curriculum vitae). ’CB’ ini adalah singkatan dari ’Corps Bescheiden’ yang bermakna ’dokumen korps’ (corps records). Bilamana seorang anggota militer menjalani alih tugas, maka seluruh berkas CB ini akan dibawanya serta ke tempat tugas yang baru.

Di ranah kesehatan, juga masih sering dijumpai singkatan bahasa Belanda ini seperti ’OK’ (operatiekamer atau kamar operasi), VK (verloskamer atau kamar bersalin) dan juga penyakit HO (hongeroedeem) atau ’busung lapar’ di mana perut penderitanya membusung karena kekurangan gizi yang parah. Pada rumah sakit yang dikelola oleh yayasan katolik sering kita membaca singkatan RK pada nama rumah sakit ini, bahkan kadangkala tertulis ’RKZ’, seperti misalnya RK St Carolus atau RK St Borromeus. ’RK’ adalah singkatan ’Rooms Katholiek’ (Katolik Roma) sedangkan ’RKZ’ adalah singkatan dari ’Rooms Katholiek Ziekenhuis’ (Rumahsakit Katolik Roma).

Waktu belajar di bangku sekolah dasar, saya pernah menghafal nama jenis-jenis pupuk tanaman antara lain ’pupuk ZA’. Ini pun adalah singkatan Belanda dari ’Zwavelzure ammoniak’ (amoniak sulfat). Juga nama bentuk perusahaan, seperti CV dan NV. ’CV’ adalah singkatan dari ’Commanditaire vennootschap’ atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Ltd (Limited), sedangkan ’NV’ adalah singkatan dari ’Naamloze vennootschap’ atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Inc (Incorporated). Saya bahkan menemukan bahwa singkatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah terjemahan verbatim (kata per kata) dari EHBO (Eerste Hulp bij Ongeluk). Kiranya menarik untuk diketahui, bahwasanya kita masih mempunyai afinitas yang kental dengan bahasa singkatan asal Belanda ini.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Cara Cermat Buang Sampah, yang Mungkin Dapat …

Tjiptadinata Effend... | | 21 October 2014 | 21:18

Rupiah Tiada Cacat …

Loved | | 17 October 2014 | 17:37

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

Ekspektasi Rakyat terhadap Jokowi …

Fitri.y Yeye | | 21 October 2014 | 10:25

[ONLINE VOTING] Ayo, Dukung Kompasianer …

Kompasiana | | 16 October 2014 | 14:46


TRENDING ARTICLES

Pak Prabowo, Sikap Anda Merusak Isi Kepala …

Eddy Mesakh | 6 jam lalu

Jamberoo itu Beda Total dengan Jambore …

Roselina Tjiptadina... | 7 jam lalu

Ajari Anak Terampil Tangan dengan Bahan Alam …

Gaganawati | 9 jam lalu

Siapa Sengkuni? Amien Rais, Anda Atau Siapa? …

Erwin Alwazir | 12 jam lalu

Anang Hermansyah Hadiri Pesta Rakyat, Ahmad …

Sahroha Lumbanraja | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Waspadai Penipuan di Sekeliling Anda …

Syahdan Adhyasta | 8 jam lalu

Janji Kelingking Masa Lalu …

Fitri Manalu | 8 jam lalu

Ibu Negara …

Rahab Ganendra | 9 jam lalu

Kindi: Fotografer Cilik …

Dewilailypurnamasar... | 10 jam lalu

Kuliner Bebek Mercon di Warung Komando Eko …

Sitti Rabiah | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: