Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Murman Mk

Seorang guru di Demak, Jawa Tengah

Indikator Kinerja, Butir Penilaian Kinerja, dan Rubrik Penilaian

REP | 12 July 2012 | 01:00 Dibaca: 5358   Komentar: 2   0

Penilaian Kinerja Guru akan dilaksanakan per Januari 2013. Hal ini didasarkan pada Permendiknas nomor 16 tahun 2009. Secara garis besar penilaian kinerja guru digunakan untuk menilai 14 indikator dengan butir-butir kinerja yang telah ditentukan. Butir penilaian yang akan dinilai diperjelas melalui rubrik penilaian. Berikut penjelasannya.

I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN

1. Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.

a. Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.

Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP telah mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.

b. Tujuan pembelajaran memuat gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya

Tujuan pembelajaran dalam RPP dirumuskan dengan kata kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda), dapat dikerjakan (peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat dinilai hasilnya baik secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja peserta didik lainnya

c. Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik

Tujuan pembelajaran di RPP dijenjangkan sesuai dengan tingkat an kelas

2. Indikator Kinerja 1.2: Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir.

a. Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran

Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran

b. Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)

Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya peserta didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan rendah

c. Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.

d. Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi

Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi atau guru mengajar tidak hanya menggunakan buku pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan

3. Indikator Kinerja 1.3: Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif

a. Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai / kompetensi harus dikuasai peserta didik.

Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai / kompetensi harus dikuasai peserta didik.

b. Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik

Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik

c. Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

d. Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik.

Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik

4. Indikator Kinerja 1.4: Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran

a. Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).

Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan) dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
b. Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).

Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).

c. Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

II. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF

5. Indikator Kinerja 2.1: Kemampuan Memulai Pembelajaran yang Efektif Membuka Proses Pembelajaran

a. Melakukan apersepsi

mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman atau pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuan prasyarat), mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikan manfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran

b. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
menyampaikan kemampuan yang akan dicapai dengan bahasa peserta didik, misalnya dengan mengatakan bahwa setelah pembelajaran selesai siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab gempa bumi. Rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi

6. Indikator Kinerja 2.2: Penguasaan Materi Pelajaran

a. Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.

materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam RPP

b. Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .

materi yang disampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya mengaitkan aristmatik (operasi bilangan)dengan IPS (transaksi ekonomi).

c. Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.

materi ajar sesuai dengan topik yang dibahas

d. Kemampuan menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
materi disampaikan secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)

7. Indikator Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi pembelajaran

a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai

materi, strategi dan kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai (kognitif, psikomotor, dan afektif)

b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut

Materi disajikan sistematis dengan menggunakan stragi pembelajaran yang tepat

Perhatian peserta didik terfokus pada belajar, disiplin kelas terpelihara, dan kelas terkendali

d. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

materi ajar disampaikan sesuai dengan kondisi kehidupan nyata dan memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari peserta didik

e. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)

kegiatan belajar dapat mendorong kebiasaan peserta didik untuk bekerjasama, saling menghargai, bertanggung-jawab berpikir kritis, dsb.

f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan

8. Indikator Kinerja 2.4: Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran

a. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran

guru terampil memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta dapat menggunakan media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya) untuk mencapai target sesuai dengan alokasi waktu

b. Menghasilkan pesan yang menarik

media yang digunakan dapat menusatkan perhatian peserta didik, sehingga pesan dapat ditangkap dengan jelas

c. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
peserta didik dilibatkan dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

9. Indikator Kinerja 2.5: Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

a. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar

kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mendorong interaksi aktif antara guru dengan peserta didik antar peserta didik secara mental, emosional, maupun fisik

b. Merespon positif partisipasi siswa

guru merespon positif terhadap aktifitas peserta didik (misalnya memberikan pujian, meminta peserta didik lain untuk menanggapi peserta didik lain, menegur yang melanggar disipilin tanpa harus merendah harga diri yang ditegur, dsb)

c. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa

guru menghargai pendapat peserta didik, mengakui kebenaran dan mengakui keterbatasan diri peserta didik

d. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif

menunjukkan sikap ramah, luwes, hangat, sopan, menghargai keragaman budaya dan latar belakang peserta didik

e. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
suasana belajar yang menyenang dan menarik

10. Indikator Kinerja 2.6: Penggunaan bahasa

a. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
bahasa lisan yang digunakan guru mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya

b. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
bahasa tulisan (misalnya RKS, soal, modul, dsb) yang digunakan memenuhi kaidah bahasa yang benar, mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannyaa

c. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
informasi disampaikan dengan ekspresi wajah, intonasi suara, gerak tubuh sesuai dengan pesan yang disampaikan.

11. Indikator Kinerja 2.7: Kemampuan Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif

a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam kegiatan belajar (misalnya mengajukan pertanyaan tentang proses, materi dan kejadian lainnya) dan menfasilitasi peserta didik dalam membuat rangkuman

b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan


III. PENILAIAN PEMBELAJARAN

12. Indikator Kinerja 3.1: Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik

a. Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.

apakah jenis dan teknik penilai yang direncanakan dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

b. Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.

apakah alat tes yang dikembangkan dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan afektif

c. Rancangan penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester
apakah guru merancang penilaian portofolio dalam bentuk pemberian tugas terstruktur (misalnya menulis resensi buku, membuat laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, tugas proyek, dsb)

d. Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan untuk keperluan program perbaikan (remedial, pengayaan, dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)

apakah guru melakukan analisis hasil penilaian (lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk penyempurnaan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran.

Catatan: masing-masing pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru

13. Indikator Kinerja 3.2: Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.

a. Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.
apakah selama proses pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk mengukur kemajuan belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb)

b. Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
apakah diakhir pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian berkala untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)

c. Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk tugas terstruktur

apakah guru melaksanakan penilaian portofolio peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas terstruktur (misalnya resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding, laporan pelaksanaan penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb)

d. Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.
apakah alat dan teknik pelaksanaan penilaian tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran

14. Indikator Kinerja 3.3: Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya

a. Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
apakah guru melakukan dan memiliki hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan

b. Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
apakah hasil penilaian digunakan guru dalam penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menjelaskannya dengan menggunakan RPP)

c. Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya
apakah guru memiliki catatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik dan catatan hasil diskusiorang tua dan teman sejawat. Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang telah diberikan komentar kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat dilakukan melalui wawancara dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat serta menunjukkan hasil tes yang telah dikoreksi dan diberikan komentar)

d. Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
guru dapat membuktikan kegiatan pengembangan keprofesian yang telah diikutinya didasarkan pada hasil penilaian belajar peserta didik.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Paskah di Gereja Bersejarah di Aceh …

Zulfikar Akbar | | 19 April 2014 | 08:26

Apakah Pedofili Patut Dihukum? …

Suzy Yusna Dewi | | 19 April 2014 | 09:33

Jangan Prasangka Pada Panti Jompo Jika Belum …

Mohamad Sholeh | | 19 April 2014 | 00:35

Perlukah Aturan dalam Rumah Tangga? …

Cahyadi Takariawan | | 19 April 2014 | 09:02

Memahami Skema Bantuan Beasiswa dan Riset …

Ben Baharuddin Nur | | 18 April 2014 | 23:26


TRENDING ARTICLES

Sstt, Pencapresan Prabowo Terancam! …

Sutomo Paguci | 6 jam lalu

Mengintip Kompasianer Tjiptadinata Effendi …

Venusgazerâ„¢ | 14 jam lalu

Suryadharma Ali dan Kisruh PPP …

Gitan D | 14 jam lalu

Kasus Artikel Plagiat Tentang Jokowi …

Mustafa Kamal | 17 jam lalu

Timnas U 19: Jangan Takut Timur Tengah, …

Topik Irawan | 17 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: