Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Yulinda Kurniati

YULINDA KURNIATI D1E010081 ILMU KOMUNIKASI (A)

Manusia Sebelum Mengenal Abjad

REP | 05 November 2012 | 21:04 Dibaca: 446   Komentar: 0   0

TUGAS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

1. Sejarah kapan manusia mengenal sistem abjad,dan sebelum mengenal abjad manusia berinteraksi dengan lingkungan seperti apa?

· Manusia mulai mengenal sistem abjad

Sejak zaman prasejarah, cara manusia menyampaikan informasi melalui berkomunikasi terus berkembang hingga saat ini,Perkembangan teknologi dan cara berkomunikasi manusia terus beranjak sempurna.

Pertama abjad diperkenalkan oleh Bangsa Babylonia yang dikenal dengan abjad paku (Cuneiform).

Kemudian bangsa Phoenicia mengambil dan memadukan bentuk dan pengaruh dari sistem abjad babylonia tersebut menjadi sistem abjad pertama di dunia pada sekitar tahun 1300 SM.

Abjad Phoenicia ini terdiri atas 23 simbol sederhana yang merupakan nenek moyang bagi huruf mati yang kita kenal saat ini serta terbatas hanya sebagai unsur bunyi. Abjad ini pun harus dibaca dari kanan ke kiri.

Bangsa Yunani kemudian meminjam dan merombak abjad Phoenician tersebut ke dalam bentuk yang lebih teratur. Menyempurnakannya dengan menambahkan huruf hidup seperti A/Alpha (?), E/Epsilon (?), I/Iota (?), O/Omicron (?) dan Y/Upsilon (?). Sekaligus memperkenalkan cara baca dari kiri ke kanan.

Sedangkan pada Tahun 2900 SM bangsa Mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi dengan orang lain. Huruf-huruf hieroglif terdiri dari simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang dan atau kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan simbol-simbol ide dan emosi seperti sebuah gerakan, waktu juga perasaan gembira. Ketika simbol-simbol hieroglif digabungkan maka akan terciptalah bagaimana cara pengucapannya serta menunjukkan arti yang berbeda.

Kemudian pada masa sejarah Tahun 3000 SM Bangasa Sumeria memulai berkomunikasi dengan sebuah tulisan dengan menggunakan symbol-simbol piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf tersebut juga mempunyai bentuk dan bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga tulisan-tulisan tersebut terangkai menjadi sebuah kata, kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.

Sistem menulis juga telah digunakan oleh dinasti shang di Cina yang memerintah pada tahun 1766-1050 SM. Sistem menulis merupakan nenek moyang langsung dari sistem menulis modern Cina saat ini, yang menggunakan simbol atau karakter untuk masing-masing kata.

· Sdangkan sebelum mengenal sistem abjad ,bentuk komunikasi manusia masih sebatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan. Manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan di dinding-dinding gua, misalnya cerita ketika berburu binatang buruannya. Hal tersebut terjadi karena kemampuan berbahasanya yang masih hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka.

2. Pembabakan Peradaban

Zamman Arkaekum yaitu zaman tertua yang berlangsung kira kira 2500 juta tahun yang lalu.

Pada Zaman ini belum terdapat kehidupan.

Zaman Paleozoikum Zaman primer yang berlangsung 340 juta tahun yang lalu.Mahkluk hidup yang muncul pada zaman ini adalah mahluk mikro organisme seperti binatang tidak bertulang punggung dll.

Mesozoikum yaitu zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan,zaman ini berlangsung 140 juta tahun yang lalu.pada zaman ini binatang yang hidup adalah Biantang reptil berukuran besar setelah berakhirnya zaman ini maka muncullah kehidupan yang lain berupa jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya.

Zaman neozoikum yaitu zaman hidup baru,zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu.pada zaman ini dibagi menjadi 2 yaitu :

zaman Pleitocen berlangsung kira kira 600.000 tahun yang lalu,zaman ini ditandai vmunculnya manusia purba.

Holocen berlangsung sekitar 20.000 tahun yang lalu dan berkambang sampai saat ini.


· Pembabakan sejarah

Masa Prasejarah (” s/d 3000 SM)

Pada masa ini bentuk komunikasi manusia masih sebatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan. Manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan di dinding-dinding gua, misalnya cerita ketika berburu binatang buruannya. Hal tersebut terjadi karena kemampuan berbahasanya yang masih hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada periode sampai tahun 3000 SM.

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an SM)

· Tahun 3000 SM

Bangasa Sumeria merupakan bangsa yang pertama kalinya telah berkomunikasi dengan sebuah tulisan dengan menggunakan symbol-simbol piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf tersebut juga mempunyai bentuk dan bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga tulisan-tulisan tersebut terangkai menjadi sebuah kata, kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.

· Tahun 2900 SM

Pada tahun 2900 SM bangsa Mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi dengan orang lain. Huruf-huruf hieroglif terdiri dari simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang dan atau kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan simbol-simbol ide dan emosi seperti sebuah gerakan, waktu juga perasaan gembira. Ketika simbol-simbol hieroglif digabungkan maka akan terciptalah bagaimana cara pengucapannya serta menunjukkan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

Sistem menulis juga telah digunakan oleh dinasti shang di Cina yang memerintah pada tahun 1766-1050 SM. Sistem menulis merupakan nenek moyang langsung dari sistem menulis modern Cina saat ini, yang menggunakan simbol atau karakter untuk masing-masing kata.

· Tahun 500 SM

Masa ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari serat pohon. Salah satunya adalah serat papyrus yang berasal dari pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini untuk dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya, serat papyrus juga merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu kertas.

· Tahun 105 M

Pada tahun/masa 105 M, bangsa Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci lalu kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditorehkan dan dilumuri tinta atau yang sekarang kita kenal dengan sistem cap.

Pada masa ini, bangsa Hindus di India telah membuat sistem bilangan 9 digit yang sampai saat ini kita gunakan.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Generasi ‘Selfie’: Bisakah Diandalkan? …

Fandi Sido | | 17 April 2014 | 11:02

Final BWF World Junior Championship 2014, …

Sahroha Lumbanraja | | 17 April 2014 | 22:38

Di Saat Tidak Ada Lagi yang Peduli dengan …

Thomson Cyrus | | 17 April 2014 | 17:39

Jalur Linggarjati Gunung Ciremai Nan Aduhai …

Agung Sw | | 18 April 2014 | 01:24

Inilah Pemenang Kompasiana - ISIC 2014 Blog …

Kompasiana | | 17 April 2014 | 15:52


TRENDING ARTICLES

Manuver Amien Rais Menjegal Jokowi? …

Pecel Tempe | 7 jam lalu

Jokowi di Demo di ITB, Wajarkah? …

Gunawan | 16 jam lalu

Pernyataan Pedas Jokowi Selama Nyapres …

Mustafa Kamal | 16 jam lalu

Meski Tak Punya Ijin, JIS Berani Menolak …

Ira Oemar | 17 jam lalu

Agar Tidak Menyusahkan di Masa Tua …

Ifani | 17 April 2014 06:59

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: