Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Media Center Pusat Studi Kependudukan Dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada

Media Center Gedung Masri Singarimbun Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada Jl. Tevesia, Bulaksumur, Yogyakarta selengkapnya

Undangan Menulis di Jurnal Populasi

OPINI | 12 December 2012 | 14:07 Dibaca: 432   Komentar: 0   1

13552958061213661581

Jurnal Populasi adalah jurnal ber-ISSN (ISSN 0853 - 0262) yang diterbitkan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada. Dalam satu  tahun, Jurnal Populasi terbit dua kali, yaitu pada Juni dan Desember.  Untuk itu, kami mengundang partisipasi Anda untuk menjadi penulis Jurnal Populasi. Naskah dapat berupa hasil penelitian, baik  penelitian lapangan atau kepustakaan yang berkaitan dengan isu-isu  kependudukan dan kebijakan, termasuk demografi, pembangunan dan  kesejahteraan sosial, gender, seksualitas dan kesehatan reproduksi, serta kebijakan publik.

Untuk kelancaran proses penyuntingan, Bapak/Ibu dapat menyesuaikan dengan ketentuan penulisan naskah Jurnal Populasi sebagai berikut:

Pedoman Penulisan Jurnal Populasi

I. Bentuk Naskah

  1. Naskah masih baru, orisinal, dan belum pernah dipublikasikan oleh media cetak lainnya. Naskah harus sesuai dengan tema Populasi, yaitu isu-isu yang berkaitan dengan kependudukan.
  2. Naskah dapat berupa hasil penelitian, baik penelitian lapangan atau kepustakaan.
  3. Naskah dapat juga berupa resensi buku. Naskah ini harus meliputi informasi mengenai judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman dari buku yang diresensi. Isi resensi buku memuat informasi dan pemahaman mengenai apa yang diungkapkan di dalam buku tersebut, serta penilaian dan pertimbangan kepada pembaca terhadap pentingnya buku tersebut.

II. Pengiriman Naskah

Naskah dapat dikirim dalam bentuk hard copy (pada kertas ukuran A4) dan soft copy (pada CD) ke:

Pengelola Populasi,

Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan,

Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur G-7, Yogyakarta 55281

Atau dapat juga dalam bentuk soft copy (file) ke alamat e-mail:

populasi_cpps@cpps.or.id dan populasi_cpps@yahoo.com

Penulis harap menyebutkan bentuk naskah yang dikirim (hasil penelitian atau resensi buku) di pojok kanan halaman judul naskah.

III. Format Naskah

  1. Naskah diketik 1 spasi menggunakan program Microsoft Word. Naskah berupa hasil penelitian ditulis dalam bentuk esai berbahasa Indonesia atau Inggris dan keseluruhan naskah terdiri dari 7.000-8.000 kata. Sementara itu, naskah yang berupa resensi buku terdiri dari 1.500-2.000 kata.
  2. Halaman depan naskah harus menunjukkan judul naskah, nama penulis, gelar, dan institusinya.
  3. Naskah tidak memuat perincian dengan nomor yang diurutkan ke bawah, tetapi dibahasakan dalam kalimat dan masuk dalam alinea dengan tetap mencantumkan nomor urutnya.
  4. Penulisan tabel atau gambar di dalam naskah harus merujuk dari teks. Informasi yang diungkapkan dalam tabel atau gambar harus dicantumkan sumbernya secara lengkap sebagai legenda. Pada tabel, gunakan hanya garis-garis mendatar sebagai pembatas.
  5. Tabel dan gambar diberi nomor dan judul lengkap yang menunjukkan isi tabel atau gambar.

IV. Muatan Naskah

Naskah berupa hasil penelitian ditulis dalam bentuk esai berbahasa Indonesia atau Inggris. Pencantuman sub-subjudul sedapat mungkin tidak menyerupai skripsi (latar belakang, pernyataan masalah, kerangka teori, metode, dan sejenisnya) tetapi keseluruhan isi naskah tetap mengandung muatan berikut.

Judul: harus spesifik dan efektif sehingga dengan sekali baca, dapat ditangkap maksudnya. Selain judul, dimungkinkan adanya subjudul. Judul (dan subjudul) terdiri sebanyak-banyaknya 14 kata pada naskah berbahasa Indonesia atau 10 kata pada naskah berbahasa Inggris.

Identitas penulis: dituliskan di bawah judul, meliputi nama (-nama) penulis yang dicantumkan tanpa gelar akademis atau indikasi jabatan dan kepangkatan. Alamat lembaga tempat kegiatan penelitian dilakukan dan penunjukan alamat korespondensi berikut alamat e-mail dituliskan sebagai catatan kaki.

Intisari (Abstract): disusun dalam satu paragraf yang menjelaskan secara gamblang, utuh, dan lengkap keseluruhan isi tulisan. Intisari berisi ide-ide pokok tentang latar belakang, masalah dan tujuan, kerangka berpikir, metode, pembahasan, dan simpulan, serta ditulis dengan bahasa yang tidak sama dengan bahasa dalam naskah. Untuk bahasa Indonesia, intisari terdiri dari 150-200 kata, sedangkan untuk bahasa Inggris, abstract terdiri dari 100-150 kata.

Kata kunci (Keywords): harus mencerminkan konsep-konsep penting yang dikandung dalam isi naskah, terdiri sebanyak-banyaknya empat kata.

Permasalahan: menguraikan secara ringkas tentang latar belakang masalah, formulasi masalah penelitian, tujuan penelitian, serta kajian teoretis yang relevan dan jika memungkinkan, menyebutkan hipotesis.

Metode: menguraikan bagaimana penelitian dilakukan, termasuk di dalamnya pemaparan tentang desain penelitian, sasaran penelitian, instrumen dan teknik/prosedur pengumpulan data, serta analisis data.

Pembahasan: menyajikan secara naratif pokok-pokok hasil penelitian dengan didukung sajian tabel, grafik atau diagram, serta menjawab permasalahan penelitian dengan cara menafsirkan temuan dan mengaitkannya dengan struktur pengetahuan yang telah mapan.

Simpulan: menyajikan ringkasan dan penegasan penulis mengenai hasil penelitian dan pembahasan, serta memberikan saran yang tidak melampaui kapasitas temuan penelitian dan dapat dilaksanakan.

Kepustakaan: memuat semua kepustakaan yang dirujuk dalam naskah dan tidak memuat kepustakaan yang tidak dirujuk. Yang menjadi pertimbangan kepustakaan adalah sebagai berikut:

  1. Derajat kemutakhiran kepustakaan yang diacu dengan melihat proporsi terbitan 10 tahun terakhir.
  2. Jumlah kepustakaan yang digunakan mencakup minimum 70 persen berisi jurnal.
  3. Semakin banyak kepustakaan primer diacu, semakin naskah bermutu.

V. Sitasi dalam Naskah

Sumber kutipan, fakta, atau pendapat yang dikemukakan di dalam naskah dituliskan sebagai catatan akhir. Catatan akhir merupakan uraian penjelasan mengenai struktur sitasi atau keterangan lebih rinci tentang suatu fenomena. Keterangan ini dicantumkan di bagian akhir tulisan (bukan di bagian bawah tiap halaman). Catatan kaki hanya digunakan untuk menulis keterangan identitas penulis, yaitu alamat lembaga tempat kegiatan penelitian dilakukan dan penunjukan alamat korespondensi berikut alamat surat elektronik penulis. Catatan akhir atau catatan kaki yang terlalu banyak dan panjang harus dihindari.

Tulisan yang disitasi dalam naskah harus menggunakan sistem ‘penulis-tahun’. Penulis harus berupaya mencantumkan halaman tulisan yang disitasinya. Dalam naskah, penulisan sitasi dengan cara nama belakang/nama keluarga penulis (tanda koma) tahun terbit (titik dua) nomor halaman yang semuanya ditulis di dalam kurung dan diletakkan di bagian akhir sitasi. Contoh:  (Gray, 2009: 501).

Penulisan sitasi dalam daftar pustaka ditulis dengan urutan alfabetis dan kronologis. Berikut adalah beberapa contoh penulisan sitasi dari beberapa sumber:

  1. Sumber dari buku dengan satu penulis: Singarimbun, Masri. 1996. Penduduk dan Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Sumber dari buku dengan lebih dari satu penulis: Baumert, Kevin; Ruchi Bhandari and Nancy Kete. 1999. What Might a Developing Country Climate Commitment Look Like? Washington, D.C.: World Resources Institute.
  3. Penulis berbentuk korporasi atau lembaga: Universitas Gadjah Mada. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijkan. 2006. “Penelitian Peningkatan Efektivitas Program Raskin Melalui Pendampingan Lembaga Perguruan Tinggi”. (Laporan akhir). Yogyakarta: Bekerja sama dengan Perum Bulog.
    Artikel dari majalah atau jurnal: Listyaningsih, Umi dan Eddy Kiswanto. 2009. “Bantuan Langsung Tunai: mengatasi Masalah dengan Masalah”. Populasi, 19(1):13-26.
  4. Artikel dari majalah atau jurnal: Listyaningsih, Umi dan Eddy Kiswanto. 2009. “Bantuan Langsung Tunai: mengatasi Masalah dengan Masalah”. Populasi, 19(1):13-26.

  5. Artikel dari surat kabar: Darwin, Muhadjir. 2009. “Strategi dan Pencapaian MDGs”. Kedaulatan Rakyat, 15 Oktober, hlm. 9.
  6. Karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, dan lain-lain): Asmi, Handria. 2010. “Manajemen Tanggap Darurat Bencana di Kabupaten Agam: Studi Penyaluran Bantuan Korban Gempa Bumi Tanggal 30 September 2009”. (Tesis). Yogyakarta: Magister Studi Kebijakan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada.
  7. Makalah seminar: Milla, Mirra Noor. 2009. “Profil Psikologis Teroris di Indonesia: Dasar Bagi Penerapan Metode Counter-Terorism”. Makalah Seminar Bulanan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 10 September.
  8. Artikel dari internet: Abimanyu, Anggito. 2010. “Kebijakan Publik Dalam Praktek”. http://www/paue.ugm.ac.id/seminar/update2007/anggito-1.ppt, tanggal 2 Juni, pukul 10.00 WIB.
    Buku terjemahan: Jellinek, Lea. 1994. The Wheel of Fortune: the History of a Poor in Jakarta. Diterjemahkan oleh Eddy Zainuri dengan judul Seperti Roda Berputar: Perubahan Sosial Sebuah Kampung di Jakarta. Jakarta: LP3ES.
  9. Buku terjemahan: Jellinek, Lea. 1994. The Wheel of Fortune: the History of a Poor in Jakarta. Diterjemahkan oleh Eddy Zainuri dengan judul Seperti Roda Berputar: Perubahan Sosial Sebuah Kampung di Jakarta. Jakarta: LP3ES.
  10. Pustaka tidak diketahui penulisnya: Anonim. 2010. Kiat Sukses Modal Kepercayaan. Yogyakarta: Sokolimo Press.

Naskah diharapkan telah diterima redaksi selambat-lambatnya Senin, 18 Februari 2013. Kepastian naskah dimuat atau tidak akan diberitahukan ke penulis melalui korespondensi e-mail atau pos. Selagi belum memperoleh kepastian tersebut, penulis tidak diperbolehkan mengirimkan naskah untuk diterbitkan di tempat lain.

Yogyakarta, 12 Desember 2012

Pengelola Jurnal Populasi

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Selayang Pandang Tentang Demonstrasi …

Fera Nuraini | | 01 October 2014 | 20:57

“Menjadi Indonesia” dengan Batik …

Hendra Wardhana | | 02 October 2014 | 05:49

Mari Melek Sejarah Perlawakan Kita Sendiri …

Odios Arminto | | 02 October 2014 | 04:32

Seandainya Semalam Ada Taufik Kiemas …

Hendi Setiawan | | 02 October 2014 | 07:27

[DAFTAR ONLINE] Kompasiana Nangkring bersama …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 10:36


TRENDING ARTICLES

Liverpool Dipecundangi Basel …

Mike Reyssent | 4 jam lalu

Merananya Fasilitas Bersama …

Agung Han | 4 jam lalu

Ceu Popong Jadi Trending Topic Dunia …

Samandayu | 6 jam lalu

MK Harus Bertanggung Jawab Atas Kericuhan …

Galaxi2014 | 8 jam lalu

Sepedaku Dicolong Maling Bule …

Ardi Dan Bunda Susy | 8 jam lalu


HIGHLIGHT

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Kompasiana | 7 jam lalu

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Kompasiana | 7 jam lalu

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Sahara Bisnis | 8 jam lalu

Nangkring “Special” bersama Bank …

Kompasiana | 8 jam lalu

Kampung Media, “Kompasiananya” …

Ahyar Rosyidi Ros | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: