Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Jucky Antik

aku adalah manusia bebas. Bebas dalam beragama, bebas dalam berfikir, bebas dalam berlaku, dan bebas selengkapnya

Pendidikan (di) Luar Kelas

OPINI | 27 December 2012 | 07:01 Dibaca: 311   Komentar: 0   0

Pendidikan (di) Luar Kelas

Lahirnya konsep pendidikan di alam adalah manifestasi dari pendidikan di luar ruangan. Alam sebagai media belajar merupakan solusi ketika terjadi kejenuhan atas metodologi pendidikan di dalam kelas. Dari pemikiran inilah Walt Whitmant mencoba memperbarui metodologi itu dengan penekanan pada proses aktivitas di luar kelas. Pendidikan dan latihan di luar kelas dapat menggantikan proses pendidikan konvensional (kelas/ruangan) yang selama ini dilakukan secara masif. Akibatnya model pendidikan tersebut lebih berorientasi pada nilai-nilai kuantitatif, bukan pada proses pengenalan lebih dalam pada sumber-sumber pengetahuan.

Dalam belajar-mengajar selayaknya siswa tidak dijadikan sebagai objek ajar melainkan subjek. Otak pelajar (siswa dan mahasiswa) bukanlah botol kosong yang diisi oleh pengajar (guru dan dosen) yang di kemudian hari pelajar dituntut untuk memuntahkan segala isi dalam botol tersebut. Artinya, biarkanlah mereka berkembang sendiri dengan pemikirannya, jangan terlalu dipaksakan.

Kesalahan lainnya yaitu jika pemahaman anak cukup bagus dalam matematika dan kurang baik dalam bahasa. Orang tua cenderung memberikan pelajaran tambahan untuk pelajaran yang kurang baik tersebut. Padahal jika pelajaran yang dipahaminya yang dipupuk, tentu anak tersebut seakan mendapat dukungan dalam pelajaran yang disenanginya.

Teori reward dan punishment juga penting. Siswa atau mahasiswa yang berprestasi harus diberi reward agar mereka menjadi lebih semangat dalam belajar. Apalagi mahasiswa, konsep ceramah dalam ruangan sangat membosankan. Mahasiswa lebih suka kebebasan, seperti kuliah di taman kampus atau di kantin kampus. Untuk itu sebagai pengajar harus lebih kreatif dalam pengajarannya.

Dalam mata kuliah tertentu, semisal bahasa dan budaya. Lebih baik jika proses pembelajaran bahasa diadakan di lab. bahasa. Pada mata kuliah kebudayaan diadakan di museum-museum terdekat. Dengan begini, selain mahasiswa tidak bosan dalam kelas juga mendapatkan pengetahuan. Apakah tidak membosankan belajar dalam ruangan? Bukankah sangat lama kita belajar dalam kelas? Mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga sekarang, Perguruan Tinggi pun juga dalam ruangan. Sungguh membosankan.

Semarang, 27 Desember 2012

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Belajar Mencintai Alam Ala Kebun Wisata …

Rahab Ganendra 2 | | 31 October 2014 | 23:42

Tim Jokowi-JK Masih Bersihkan Mesin Berkarat …

Eddy Mesakh | | 01 November 2014 | 06:37

Bahaya… Beri Gaji Tanpa Kecerdasan …

Andreas Hartono | | 01 November 2014 | 06:10

Gedung New Media Tower Kampus UMN, Juara …

Gapey Sandy | | 31 October 2014 | 19:12

Ayo Wujudkan Rencana Kegiatan Sosialmu …

Kompasiana | | 31 October 2014 | 10:19


TRENDING ARTICLES

Pramono Anung Sindir Koalisi Indonesia Hebat …

Kuki Maruki | 3 jam lalu

Keputusan MK Tentang MD3 Membuat DPR Hancur …

Madeteling | 4 jam lalu

Karena Jokowi, Fadli Zon …

Sahroha Lumbanraja | 5 jam lalu

Sengkuni dan Nilai Keikhlasan Berpolitik …

Efendi Rustam | 8 jam lalu

Susi Mania! …

Indria Salim | 11 jam lalu


HIGHLIGHT

Kesaksian Terakhir …

Arimbi Bimoseno | 9 jam lalu

Danau Toba, Masihkah Destinasi Wisata? …

Mory Yana Gultom | 9 jam lalu

Topik 121 : Persalinan Pervaginam Pd Bekas …

Budiman Japar | 9 jam lalu

Jokowi Kelolosan Sudirman Said, Mafia Migas …

Ninoy N Karundeng | 9 jam lalu

Transjakarta: Busnya Karatan, Mental …

Gunawan Eswe | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: