Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Steven Sutantro

Educator & Blogger Follow : @StevenSutantro Website : stevensutantro.weebly.com

12 Strategi Mengajar Saya di Tahun 2012

OPINI | 31 December 2012 | 11:36 Dibaca: 1157   Komentar: 0   3

IMG00108-20121222-1621

Oleh: @StevenSutantro

Menjadi guru di tahun pertama mengajar menyimpan banyak kenangan yang tak terlupakan selama tahun 2012. Bulan Januari- Juni 2012, saya mengajar kelas 7 pelajaran Social Studies (IPS). Sedangkan bulan Juli-Desember 2012, saya mengajar kelas 10-12 pelajaran Geografi. Berikut adalah 12 strategi mengajar yan menjadi dinamika hidup seorang guru selama tahun 2012:

Kelas 7
1. Peta Rumahku
Saya yakin metode ini sangat sering digunakan guru mengajari materi peta dalam IPS Terpadu. Disini, siswa diminta menggambar peta rumah dan lingkungan sekitar mereka lengkap dengan komponen peta. Metode ini cukup baik dalam mengajarkan siswa lebih dari sekedar teori tetapi juga skill yang relevan bagi mereka dalam mempelajari peta.

2 Peta Hidrosfer & Atmosfer
Mengajar fenomena macam-macam sungai, hujan, danau, udara, atmosfer terkadang memuat saya merasa materi terlalu banyak. Oleh sebab itu, saya mencoba membuat kegiatan belajar materi ni menjadi menyenangkan dan kreatif. Dengan tugas open book, saya meminta siswa menggambarkan fenomena atmosfer & hidrosfer di selembar kertas HVS. Tanpa menghafal terlalu banyak, siswa dapat memvisualisasikan macam-macam fenomena hidrosfer & atmosfer yanga ada di sekitar mereka.

3. Story Telling Komik Sejarah
Salah satu metode favorit saya tahun ini membuat pengalaman unik dalam belajar sejarah. Dalam mempelajari kerajaan Hindu Buddha & Kerajaan Islam, siswa diminta untuk menceritakan kerajaan dalam bentuk komik. Langkah pertama, saya mencoba menggambarkan overview kisah kerajaan-kerajaan yang ada di nusantara. Setelah itu, saya meminta mereka menggambarkan komik dari perjalanan kerajaan. Dalam 1 kelas berjumlah 25, saya membagi siswa menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 6 siswa dalam 1 kelompok. 2 kelompok akan menceritakan kerajaan Islam, 2 kelompok lain akan menceritakan kerajaan Hindu Buddha. Setiap dari mereka mendapat jatah 1 kerajaan untuk diceritakan dalam bentuk komik. Setelah itu, siswa dalam kelompok menggambar cerita dalam kertas HVS. Selain mengasah kreativitas, komik ini terbukti efektif membuat siswa jatuh cinta dalam cerita-cerita mendetil dari kisah-kisah sejarah yang mereka buat. Setelah itu, dalam kelompok, mereka diminta membaca cerita teman mereka dalam 1 kelompok. Kemudian, mereka diminta menceritakan kembali ke teman kelompok kerajaan yang berbeda topic. Disini, siswa tidak hanya belajar materi sejarah saja, tetapi juga strategi berbagi cerita dengan teman mereka dengan kreatif dan menyenangkan.

4. Monopoli Ekonomi
Memperkenalkan Ekonomi di kelas 7 merupakan hal yang tidak mudah. Banyak yang kuatir ekonomi akan berisi tentang matematika sulit dan membosankan. Oleh sebba itu, saya mencoba memperkenalkan ekonomi di kelas 7 dengan mengajak mereka bermain monopoli sambil belajar ekonomi. Setelah penjelasan materi, saya membagi mereka dalam 4 kelompok dimana setiap mereka akan mendapat giliran menjawab setiap kali melewati “kota-kota” dalam monopoli. Mereka juga diberikan modal berupa uang mainan, jika mereka berhasil menjawab, mereka akan mendapat uang, jika tidak mereka pun harus membayar. Dengan dadu besar yang saya buat, setiap siswa tampak antusias memainkan setiap perjalanan hidup mereka dalam monopoli. Permainan ini cukup seru memacu siswa untuk lebih memahami topik ekonomi karena mereka belajar bagaimana setiap kelompok harus memaksimalkan uang mereka dengan usaha semaksimal mungkin.

5. My Dream Business Exhibition
Strategi belajar Ekonomi ini sangat efektif membuat siswa belajar sumber daya dalam ekonomi. Disini mereka belajar menjadi bos dan memiliki impian membuat perusahaan dalam kelompok. Setiap siswa diberikan peran menentukan siapa yang menjadi manager sumber daya alam, manusia, modal, dan juga pemimpin dalam perusahaan mereka. Setiap kelompok juga memiliki kebebasan menentukan perusahaan apa yang akan mereka buat dan mendiskusikan sumber daya alam, manusia, modal apa yang harus dimiliki untuk membangun perusahaan. Simulasi ini cukup menarik dalam menginspirasi siswa membuat usaha, menghitung untung rugi, menemukan sumberdaya yang relevan untuk perusahaan mereka.

Kelas 10, 11, 12
6. Blog Lingkungan
Proyek ini yang dilakukan di kelas 11 dalam mempelajari materi lingkungan. Disini saya membagi siswa dalam 4 kelompok dan meminta mereka untuk membuat blog berisi materi movie review film-film lingkungan dan juga artikel-artikel masalah lingkungan serta solusi lingkungan yang mereka temukan di internet. Disini saya meminta mereka untuk mempresentasikan dan menjelaskan setiap blog ini di dalam kelas. Selain mempelajari isu yang up2date, mereka juga belajar mengkampanyekan gerakan go green melalui langkah-langkah praktikal yang mereka bagikan di dalam blog lingkungan mereka

7. Film Lingkungan
Siswa kelas 11 juga belajar membuat film singkat Science Fiction yang memiliki tema lingkungan. Setiap mereka membuat film-film unik yang memiliki pesan lingkungan.Dengan memainkan peran secara kreatif, mereka juga belajar bagaimana mengkampanyekan dampak negatif dari kerusakan lingkungan.

8. Peta Kampusku
Sebagai persiapan menuju universitas, siswa kelas 12 dituntun untuk mengenal kampus mereka dengan membuat peta kampus mereka beserta analisis industri kampus mereka. Mereka mengambil gambar peta dari google map lalu mencetaknya di atas kertas HVS. Dari peta itu, mereka diminta untuk mengukur waktu dan jarak tempuh dari kampus menuju rumah/kos mereka. Kemudian, setiap dari mereka diminta untuk menganalisis mulai dari lokasi, fasilitas, dan juga hal-hal yang berkaitan dengan peta kampus masa depan mereka. Disini mereka menyadari bagaimana lingkungan kampus di sekitar mereka berdampak dalam pemilihan kampus mereka di masa depan.

9. Citra Penginderaan Jauh Tempat Favoritku
Dalam kelompok siswa diminta membuat foto dari google map 3d tempat favorit mereka di seluruh dunia. Mereka bisa mengambil foto Tianaanment di China, Opera House Sidney, DisneyLand, bahkan sampai Menara Eiffel di Paris. Kemudian, siswa diminta membuat analisis penginderaan jauh dari foto-foto tersebut mulai dari rona, pola, tekstur, warna, bayangan dan berbagai hal yang menarik dalam mempresenatsikan foto-foto yang mereka cari. Disini, siswa akan belajar teknik analisis citra yang digabungkan dengan pelajaran Geografi.

10. Poster Bioma Seluruh Dunia
Ini adalah salah satu metode favorit saya dimana siswa belajar materi bioma di seluruh dunia secara kreatif. Siswa dibagi dalam 7 kelompok untuk menceritakan 7 negara yang khas dengan biomanya masing-masing mulai dari Eropa, Jepang, Amerika, Afrika, Indonesia, Australia, dan China yang memiliki karakteristik bioma yang berbeda-beda. Disini mereka diminta mencari foto-foto kreatif dari flora, fauna, dan juga film-film serta tempat wisata yang memanfaatkan bioma dari negara tersebut dan memasukkannya dalam bentuk poster. Selain mempelajari materi bioma itu sendiri, siswa akan mendapat kenangan tak terlupakan dengan visualisasi bioma yang ada di seluruh dunia dari foto-foto bioma tersebut. Mereka juga belajar peluang bisnis dan seni dari foto film-film yang memiliki setting bioma tertentu seperti film Harry Potter, Breaking Dawn, Kangooro, Korea series, dan berbagai karya seni lain. Harapannya mereka akan memahami karakteristik unik bioma yang ada di seluruh dunia

11. Short Review Restoran

Ini salah satu metode yang sangat menyenangkan dimana siswa diminta mencari restoran favorit mereka dan menyebutkan sumber daya alam apa yang dimanfaatkan dalam restoran-restoran favorit mereka. Selain mempelajari materi sumber daya alam, mereka juga berhasil memahami bagaimana sumber daya alam diolah dan didayagunakan untuk menjadi komoditas yang berharga bagi sebuah negara.

12. Film Jagat Raya, Tata Surya, dan Bumi

Setelah mempelajari berbagai macam teori pembentukan jagat raya, tata surya, dan bumi, siswa diminta mencari video di YouTube dan menggabungkannya ke dalam bentuk film singkat dalam menjelaskan teori-teori tersebut. Secara kreatif, mereka juga memasukkan berbagai macam video dari YouTube dalam bentuk animasi, dokumenter, bahkan video buatan mereka sendiri dalam bentuk Stopmotion. Bagian paling serunya adalah mereka diminta membagikan video itu di YouTube dan menyebarkannya ke seluruh dunia untuk mendapatkan like dan comment terbanyak.

Demikian 12 strategi kreatif yang tak terlupakan dalam kelas. Dari ke 12 strategi ini, tidak semuanya berjalan lancar sesuai rencana. Tetapi jangan pernah menyerah! Kalau ada kekurangan sana sini, terus berusaha memperbaikinya dan eksplorasi strategi lain. Saya berharap metode-metode ini dapat menginspirasi seluruh pendidik untuk mengembangkan metode ini lebih kreatif lagi di dalam kelas-kelas anda. Biarlah di tahun 2013 ke depan pun kita tetap kreatif, aktif dalam mengembangkan strategi mengajar yang tentu saja menginspirasi siswa kita menjadi life-long learner! !  Tetap berkarya, Guys!

Ini strategiku tahun 2012, mana strategimu di tahun 2012? =D

HAPPY NEW YEAR everyone! God bless you all…

Visit my Blog: st3v3nsutantro.wordpress.com

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Wukuf di Arafah Puncak Ibadah Haji …

Aljohan | | 02 October 2014 | 15:27

2 Oktober, Mari Populerkan Hari …

Khairunisa Maslichu... | | 02 October 2014 | 15:38

Kopi Tambora Warisan Belanda …

Ahyar Rosyidi Ros | | 02 October 2014 | 14:18

Membuat Photo Story …

Rizqa Lahuddin | | 02 October 2014 | 13:28

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:52


TRENDING ARTICLES

Ternyata, Anang Tidak Tahu Tugas dan Haknya …

Daniel H.t. | 2 jam lalu

“Saya Iptu Chandra Kurniawan, Anak Ibu …

Mba Adhe Retno Hudo... | 6 jam lalu

KMP: Lahirnya “Diktator …

Jimmy Haryanto | 7 jam lalu

Liverpool Dipecundangi Basel …

Mike Reyssent | 12 jam lalu

Merananya Fasilitas Bersama …

Agung Han | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Kenalkan Ini Batik Khas Bekasi …

Ahmad Syaikhu | 8 jam lalu

Pengembangan Migas Indonesia: Perlukah Peran …

Fahmi Idris | 8 jam lalu

Ka’bah dan Haji Itu Arafah …

Rini Nainggolan | 8 jam lalu

Celana Dalam Anti Grepe-grepe …

Mawalu | 8 jam lalu

Bioskop Buaran Tinggal Kenangan …

Rolas Tri Ganda | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: