Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Ihwanul Muaripin

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Enam Rahasia Allah SWT untuk Manusia

OPINI | 15 January 2013 | 13:34 Dibaca: 12705   Komentar: 0   0

Kehidupan manusia adalah kehidupan yang penuh dengan misteri. Karena dalam kehidupan manusia tidak hanya melibatkan kehendak individu tetapi juga melibatkan kehendak Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah swt. Hanya dengan kehendaknya lah manusia dapat berkehendak sehingga melakukan apa yang mereka inginkan. Sebenarnya banyak hal dalam kehidupan manusia yang berada diluar kemampuan mereka. Namun hal ini kadang kurang disadari sehigga beberapa manusia menganggap bahwa segala yang mereka raih adalah hasil usaha mereka sendiri dan tak ada hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan ada juga yang menganggap bahwa Tuhan itu tidak ada, sehingga dikenaal dengan istilah atheis.

Sebenarnya hal itu merupakan hal yang salah apalagi apabila dilihat dari sudut pandang agama terutama agama Islam. Islam mengajarkan adanya Tuhan Yang Maha Esa atau biasa disebut tauhid. Dengan bertauhid atau bershahadat seorang manusia telah dinyatakan sebagai muslim atau orang yang beragama islam. Dan diwajibkan untuk menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Kehidupan manusia yang misterius ini salah satunya karena Allah swt. menyembunyikan beberapa hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Hal ini yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Hal yaang dirahasiakan oleh Allah swt. ini telah dijelaskan dalam beberapa kitab salah satunya adalah kitab nashoihul ‘ibad. Enam hal tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, keridhoan Allah swt. diantara kebaikan. Maksudnya adalah Allah swt. memberikan waktu-waktu yang istimewa dalam kehidupan manusia. Dalam waktu istimewa itu apabila manusia melakukan kebaikan walaupun yang sederhana, pahala atas kebaikan sederhana itu akan bisa mengantarkan manusia kedalam surga yang telah dijanjikan oleh Allah. Walaupun apabila diprosentasekan keburukannya masih lebih sering dilakukan daripada kebaikan. Namun, hal atau waktu-waktu istimewa itu dirahasiakan dan tidak ada satu manusia pun yang mengetahuinya. Atas rahasia itu manusia akan bisa mengambil hikmah yaitu tidak meremehkan kebaikan-kebaikan yang sifatnya sederhana atau sepele. Karena mungkin dengan kebaikan yang sederhana itulah yang akan mengantarkan manusia kedalam surga yang abadi.

Kedua, adzab Allah diantara kemaksiatan. Ini adalah kebalikan dari rahasia pertama tadi. Dimana Allah juga mempunyai waktu tertentu yang dapat membuat manusia mendapat black list dari Allah yang akan mengantarkan dia dalam siksaan selamanya yaitu di neraka. Rahasia ini memiliki hikmah agar manusia tidak meremehkan untuk melakukan tindakan yang dilarang oleh Allah swt. terutama tidakan yang termasuk dosa yang dianggap kecil. Apabila sampai manusia melakukan tindakan dosa kecil dan berepatan dengan adzab Allah maka dapat dipastikan ia akan menjadi penghuni neraka sekalipun kebaikan yang dilakukannya lebih banyak. Walaupun mungkin dapat dihapus dengan taubat tetapi hanya taubat yang benar-benar taubatlah yang diterima bukan taubatnya orang-orang munafik.

Ketiga, malam lailatul qadar ketika bulan ramadhan. Malam lailatul qadar adalah malam yang istimewakan oleh Allah swt. bahkan dalam Al Qur’an juga disebut. Pada malam itu merupakan malam istimewa yang lebih baik dari seribu bulan. Dengan dirahasiakannya malam lailatul qadar dpat diambil hikmah, umat islam yang melakukan ibadah akan menggunakan seluruh malam ketika bulan ramadhan untuk rajin beribadah bukan rajin hanya dalam salah satu malam saja.

Keempat, kematian dalam kehidupan. Mati merupakan hal yang pasti bagi setiap mahluk hidup. Tetapi siapapun tidak akan bisa mengetahui kapan dirinya akan mati. Hal ini dilakukan agar manusia lebih menghargai hidup dan menggunakan waktu yang ada untuk beribadah dan berbuat kebaikan.

Kelima, wali Allah diantara manusia. Wali Allah merupakan orang orang yang dikasihi oleh Allah selain para Nabi dan Rasul. Dan keberadaan atau derajaat wali tersebut dirahasiakan oleh Allah agar manusia tidak meremehkan orang lain karena bisa jadi orang yang dianggap remeh tersebut adalah orang yaang dikasihi oleh Allah swt. berbeda dengan hal lain yang hanya diketahui oleh Allah, keberadaan wali ini ada beberapa manusia yang dapat mengetahuinya. Namun manusia yang mengetahuinya adalah manusia yang telah mencapai deraajat wali juga. Karena dalam riwayat dikatakan orang yang mengetahui wali Allah adalah wali Allah juga, namun hal itu tidak berlaku apabila ke-wali-an seseorang telah tersohor.

Keenam, shalat wustho(tengah-tengah) diantara shalat lima waktu. Shalah wustho merupakan shalat yaang istimewa bahkan dapat dikatakan bahwa shalat wustho ini merupakan pemimpin dari shalat lima waktu. Karena shalat wajib umat islam ada lima membuat semua shalat wajib ini memiliki potensi menjadi shalat tengah-tengah. Dan tentu karena keistiewaannya pahala yang didapat apabila melakukan shalat wustho sangat besar sebaliknya apabila umat muslim meninggalkannya akan mendapat dosa yang besar pula. Dengan dirahasiakannya shalat wustho dalam sholat lima waktu ini memberi hikmah agar manusia tidak meremehkan atau mungkin mengagungkan salah satu dari shalat lima waktu.

Itulah beberapa hal yang dirahasiakan oleh Allah semoga kita semua dapat mengambil hikmah-hikmahnya.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kerbau Disembelih, Tanduknya Jadi Sumber …

Leonardo | | 31 July 2014 | 14:24

5 Jam Menuju Museum Angkut, Batu-Malang …

Find Leilla | | 31 July 2014 | 18:39

Kecoa, Orthoptera yang Berkhasiat …

Mariatul Qibtiah | | 31 July 2014 | 23:15

Punya Pengalaman Kredit Mobil? Bagikan di …

Kompasiana | | 12 June 2014 | 14:56

Menjenguk Blowhole Sebuah Pesona Alam yang …

Roselina Tjiptadina... | | 31 July 2014 | 20:35


TRENDING ARTICLES

Perbedaan Sindonews dengan Kompasiana …

Mike Reyssent | 9 jam lalu

Lubang Raksasa Ada Danau Es di Bawahnya? …

Lidia Putri | 13 jam lalu

Jangan Tulis Dulu Soal Wikileaks dan …

Bang Pilot | 17 jam lalu

Tipe Karyawan yang Perlu Diwaspadai di …

Henri Gontar | 21 jam lalu

Evaluasi LP Nusa Kambangan dan …

Sutomo Paguci | 22 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: