Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Asep Rudi Casmana

Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta / Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu selengkapnya

Bagaimana Strategi dan Implementasi Kurikulum 2013? Betulkah?

OPINI | 28 January 2013 | 13:14 Dibaca: 4494   Komentar: 5   0

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.  Proses pendidikan dapat menjadikan seseorang menjadi lebih dewasa, melalui sebuah pendidikan maka seseorang akan menjadi berfikir dan bersikap lebih dewasa.

Pendidikan dibagi menjadi dua kelompok yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Penidikan non formal merupakan suatu pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaha-lembaga tertentu yang fokus terhadap salah satu bidang, misalnya kursus bahasa inggris, kursus menjahit, dan yang lainnya yang bersifat keterampilan. sedangkan pendidikan formal merupakan pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaga yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa.

Pendidikan formal dilaksanakan oleh sekolah-sekolah yang memiliki jenjang-jenjang tertentu. Mulai dari sekolah tingkat usia dini hingga perguruan tinggi. Dalam proses pendidikan perlu adanya suatu manajemen pendidikan, baik itu tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Manajemen pendidikan itu berfungsi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu faktor yang perlu ada pengaturan yang baik itu adalah pengaturan kurikulum. Menurut Grayson (1978), kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran. Perencanaan tersebut disusun secara terstruktur untuk suatu bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran (Materi di dalam kurikulum harus diorganisasikan dengan baik agar sasaran (goals) dan tujuan (objectives) pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai. oleh sebab itu kurikulum merupakan salah satu indikator untuk Suatu negara dikatakan maju apabila kualitas pendidikan nya baik.

Negara Indonesia merupakan suatu negara yang besar yang merupakan suatu negara multikultur. Ada sekitar 200 suku bangsa yang ada di negara ini. sebagai suatu negara yang besar, Indonesia membutuhkan manajemen pendidikan yang baik guna mebangun suatu bangsa. dalam bidang kurikulum, Indonesia pernah mengalami beberapa kali pergantian kurikulum.

Sejarah kurikulum pendidikan di Indonesia kerap berubah setiap ada pergantian Menteri Pendidikan, sehingga mutu pendidikan Indonesia hingga kini belum memenuhi standar mutu yang jelas dan mantap. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional telah mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, dan 2006. Perubahan tersebut merupakan konsekuensi logis dari terjadinya perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi, dan iptek dalam masyarakat berbangsa dan bernegara. Sebab, kurikulum sebagai seperangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Semua kurikulum nasional dirancang berdasarkan landasan yang sama, yaitu Pancasila dan UUD 1945, perbedaanya pada penekanan pokok dari tujuan pendidikan serta pendekatan dalam merealisasikannya.

Saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mempublikasikan rancangan pendidikan yang baru yaitu Kurikulum 2013. kurikulum ini merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Menurut Mendikbud, upaya ini untuk mengurangi beban guru. Pasalnya  banyak guru belum kompeten dalam merancang berbagai perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran kurikulum 2013 akan disediakan oleh pemerintah. Pelaksanaan kurikulum 2013 ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan juni 2013 dalam pengajaran 2013/2014. namun meskipun demikian, masih ada beberapa sekolah yang belum siap dalam penerapan kurikulum baru ini.

Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta akan menyelenggarakan Seminar 2013 dengan tema “Menyongsong Kurikulum 2013:  Strategi dan Implementasi oleh Sekolah”. Seminar ini akan mensosialisasikan tentang bagaiman pelaksanaan dan implementasi bagi sekolah dalam pelaksanaannya.

Acara seminar ini akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 2 Maret 2013 di Aula UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta dimulai pada pukul 08.00 s.d. selesai. dalam seminar ini kami mengundang berbagai ahli dan perwakilan sekolah guna mempersiapkannya. Diantaranya adalah sebagi berikut :

Keynote Speech : Prof. Dr. Musliar Kasim (Wamendikbud RI)

Sesi 1: “Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Menyiapkan Generasi Emas 2045″

a. Prof. Dr. Conny R. Semiawan (Guru Besar Universitas Negeri Jakarta)

b. Dr. Ratna Megawangi (Direktur The Indonesian Heritage)

Sesi 2: “Sekolah Menjawab Kurikulum 2013 (antara harapan dan tantangan)

a. Prof. Dr. Said Hamid Hasan (Guru Besar UPI/ Pakar Kurikulum)

b. Suparno Sastro, S.Pd. (Perwakilan Pendidikan Menengah)

c. Perwakilan pendidikan dasar.

Mari kita sama sama terlibat dalam penentuan kebijakan pemerintah!

1359353625580710867

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pak Angin, Derita Pengamen Sepuh Jalanan dan …

Agung Soni | | 19 August 2014 | 23:04

Ada Apa di Papua? …

Petrus Pit Supardi ... | | 20 August 2014 | 06:12

Foto Payudara Jupe Dipegang Diego Michel, …

Ifani | | 20 August 2014 | 07:44

Situasi Keamanan Berwisata di Mesir: Rute …

Andre Jayaprana | | 19 August 2014 | 23:19

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


TRENDING ARTICLES

Menebak Putusan Akhir MK di Judgment Day …

Jusman Dalle | 3 jam lalu

Massa ke MK, Dukungan atau Tekanan Politis? …

Herulono Murtopo | 4 jam lalu

Sadarkah Anda Telah Mem-bully Anak Anda …

Seneng Utami | 4 jam lalu

Memprediksi Kepemimpinan Berdasarkan …

Rahman T. Hakim | 5 jam lalu

Analisis Kroco: Jelang Putusan PHPU oleh MK …

Sicillia Leiwakabes... | 10 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: