Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Poernamasyae

write a post and the post write you

Beberapa Penelitian tentang Modal Sosial dan Pendidikan (2)

REP | 02 April 2013 | 16:15 Dibaca: 558   Komentar: 0   0

Israel et al. (2001) dengan menggunakan data longitudinal menemukan bahwa proses modal sosial dan struktur modal sosial (dua atribut modal sosial) merupakan dua faktor kunci yang mempengaruhi prestasi pendidikan siswa sekolah menengah (Fullarton, 2002). Sandefur et al., (1999) melaporkan bahwa bentuk-bentuk modal sosial mempengaruhi pencapaian sekolah pada pengukuran mutu hubungan sosial dan dukungan – dukungan yang berhubungan dengan beragam bentuk modal sosial. Lamanya bersekolah juga mengakibatkan tingginya modal sosial. (Milligan et al., 2004, Helliwell and Putnam, 2007, Gleaser et al., 2007 seperti dikutip oleh Alghan (2011). Lamanya bersekolah juga memiliki manfaat lain yang dibutuhkan siswa yaitu manfaat yang selain berkenaan dengan keuangan (Oreopoulos and Salvanes, 2011). Cueto et al. dengan penelitian di Amerika Latin (2005) juga menemukan bukti pendukung tesis adanya kaitan antara modal sosial dengan prestasi pendidikan.

Menahem (2011:1101) dalam meneliti modal sosial dan penampilan pendidikan memiliki bukti-bukti yang terkait dengan hubungan positif antara modal sosial di keluarga – yang dioperasionalisasikan sebagai hubungan suportif di dalam keluarga – dengan berbagai aspek dari prestasi sekolah.

Lingkungan sekolah (yang diukur sebagai iklim positif sekolah, guru-guru yang berkualitas, dan disiplin yang efektif) meningkatkan tingkat keterlibatan siswa (Fullarton, 2002). Siswa yang memiliki sikap positif terhadap sekolahnya (diukur dengan kepuasan umum siswa terhadap sekolah, sikap terhadap guru-guru, pandangan terhadap pemberian kesempatan-kesempatan oleh sekolah, dan perasaan berprestasi) memiliki tujuan pendidikan yang lebih tinggi dan aspirasi serta berkorespondensi dengan peningkatan partisipasi pendidikan dan pelatihan.

Aghion et al (2010) and Guiso et al (2010) as cited by Algan et. al., mencatat bahwa sekolah lebih baik daripada keluarga dalam berkontribusi terhadap penyebaran modal sosial. Catts and Ozga (2005) menemukan beberapa indikator modal sosial di sekolah diturunkan dari keluarga, tetangga, organisasi komunitas dan sekolah. Leana (2010) menyatakan bahwa iklim kepercayaan – bagian dari modal sosial – lebih penting daripada tingkat pendidikan guru, sertifikasi guru atau pengukuran sumber daya manusia lainnya, dalam meramalkan prestasi siswa.

Karena itu, jangan berharap banyak bahwa mutu pendidikan akan meningkat pesat, setelah guru atau dosen menyandang predikat Guru/Dosen Bersertifikasi, apabila trusting climate tidak dibangun dengan terrencana pada lembaga pendidikan tersebut : )

Penelitian Helliwell and study (1999) menyatakan bahwa peningkatan rata-rata tingkat pendidikan akan meningkatkan kepercayaan dan tidak mengurangi tingkat partisipasi.

Penelitian lainnya menghubungkan modal sosial dengan metode pengajaran dan program ekstra kurikuler. Praktik pengajaran horisontal, seperti bekerja kelompok, terlihat mendukung fungsi modal sosial, sementara praktik pengajaran vertikal seperti sistem kuliah umum,

Komunitas manusia juga menjadi penting dalam hubungan pendidikan dan modal sosial seperti dinyatakan pada hasil penelitian berikut ini. Menurut Sun seperti dikutip oleh Menahem, (2001) mengklaim bahwa modal sosial pada tingkat komunitas adalah signifikan karena meskipun jejaring keluarga dapat mempengaruhi penampilan pembelajaran pelajar secara individual, modal sosial pada tingkat komunitas dapat mempengaruhi penampilan semua pelajar yang ada di dalam komunitas.

Untuk para pengajar, modal sosial juga berguna dalam pengembangan kurikulum. Seperti penelitian Sugawara (2009) yang menemukan bahwa konsep koneksi sosial (social linkages) salahsatu dari tiga dimensi dari modal sosial sangat penting bagi pengembangan kurikulum serta dalam memperkuat kapasitas intelektual staf fakultas, dan mendorong mereka menjadi ilmuwan yang lebih baik dan kontributor bagi pengembangan kurikulum.

Selain dikaitkan dengan pendidikan di tingkat sekolah, modal sosial juga menjadi subjek penelitian pada pembelajaran orang dewasa dan kegiatan pembelajaran seumur hidup. Hubungan antara modal sosial dan pembelajaran seumur hidup adalah bermanfaat secara mutualistik (Field 2005 sebagaimana dikutip oleh Harris dan Dalley, 2008). Sementara itu Suellen (2008) menyarankan bahwa guru-guru pada pembelajar dewasa agar secara aktif mengembangkan keluaran modal sosial dengan menghargai para siswanya dan menggunakan aktifitas kelas yang mendorong siswa untuk berinteraksi dan bekerja secara kolaboratif.

Metode Pengajaran Bermain berkontribusi terhadap modal sosial karena memperkaya keterlibatan pembelajaran orang dewasa, kerjasama dan perasaan keterhubungan dengan yang lain seperti juga dengan orang-orang, sumber daya-sumber daya dan informasi di belakang kelompok mereka (Harris dan Dalley. 2008).

Beberapa penelitian menghubungkan modal sosial dengan transformasi/perubahan bentuk sekolah. Penelitian modal sosial Harris (2008) dari empat negara menghasilkan kesimpulan bahwa modal sosial merupakan sumber penting, yang jika disatukan dengan bentuk-bentuk modal lainnya (modal intelektual, modal finansial, dan modal spiritual), dapat mendukung keberhasilan transformasi sekolah.

Dari beberapa penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa modal sosial memiliki kontribusi positif terhadap pendidikan. Modal sosial bisa direkayasa oleh para pengelola pendidikan, agar dapat menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya modal sosial. Hal ini tentu tidak mudah, karena akan melibatkan semua komponen pendidikan. Misalnya pada satu sekolah, maka semua guru harus mengikuti skenario pembentukan iklim pendidikan yang diharapkan. Kalau ada guru yang ‘genit’, ‘matre’, ‘egois’, ‘apatis’ dan sejenisnya maka tujuan tidak akan berhasil sempurna. Begitu pula di perguruan tinggi. Ini contoh kecil rekayasa modal sosial dengan intervensi lingkungan. Masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Selama ini penelitian di bidang pendidikan hanya berkutat pada cara mengajar, ataupun penelitian tindakan kelas. Mungkin mengadopsi konsep-konsep sosiologi seperti modal sosial bagi penelitian pendidikan merupakan salahsatu terobosan untuk membuka wacana pendidikan secara lebih luas.

Wuhan, 2013-04-02

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Gedung New Media Tower Kampus UMN, Juara …

Gapey Sandy | | 31 October 2014 | 19:12

Menjelajah Pulau Karang Terbesar di …

Dizzman | | 31 October 2014 | 22:32

Menjawab Keheranan Jokowi …

Raden Suparman | | 31 October 2014 | 08:42

Hati Bersih dan Niat Lurus Awal Kesuksesan …

Agung Soni | | 01 November 2014 | 00:03

Rayakan Ultah Ke-24 JNE bersama Kompasiana …

Kompasiana | | 31 October 2014 | 12:53


TRENDING ARTICLES

Susi Mania! …

Indria Salim | 6 jam lalu

Gadis-Gadis berlagak ‘Murahan’ di Panah …

Sahroha Lumbanraja | 8 jam lalu

Pramugari Cantik Pesawat Presiden Theresia …

Febrialdi | 10 jam lalu

Kerusakan Demokrasi di DPR, MK Harus Ikut …

Daniel H.t. | 11 jam lalu

Dari Pepih Nugraha Untuk Seneng Utami …

Seneng | 11 jam lalu


HIGHLIGHT

Sengkuni dan Nilai Keikhlasan Berpolitik …

Efendi Rustam | 9 jam lalu

Wakatobi, Potongan Surga yang Jatuh ke Bumi …

Arif Rahman | 9 jam lalu

Danau Poso, Keelokannya Melahirkan Rindu …

Jafar G Bua | 10 jam lalu

Politik Saling Sandera …

Salman Darwis | 11 jam lalu

Bank Papua, Sponsor Tunggal ISL Musim Depan …

Djarwopapua | 12 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: