Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Irwan Thamrin

Berusaha memaknai perjalanan hidup dengan lebih bijaksana

Manfaat Wisata Edukasi Sekolah

REP | 07 May 2013 | 08:48 Dibaca: 390   Komentar: 0   0

MANFAAT FIELD TRIP SEKOLAH

Seperti yang kita ketahui dari kegiatan pembelajaran di sekolah, selain melakukan aktivitas belajar di kelas, terdapat juga beberapa sekolah yang menerapkan konsep studi lapangan atau yang biasa disebut dengan Fieldtrip ini. Fieldtrip merupakan suatu istilah yang memiliki arti studi lapangan yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar dan melakukan trip menuju luar lapangan sekolah.

Mungkin tidak semua sekolah mampu menyelanggarakan kegiatan tersebut karena mengingat jumlah siswa yang tidak mungkin untuk melakukan pembelajaran studi lapangan di luar sekolah. Secara umunya, kegiatan studi lapangan ini hanya diterapkan oleh beberapa sekolah Internasional yang jumlah siswanya masih memungkinkan untuk mengajak para siswanya untuk belajar di luar sekolah. Sedangkan pada sekolah swasta, masih sangat jarang didengar adanya kegiatan pembelajaran di luar sekolah karena mengingat banyaknya jumlah murid-murid mereka yang tidak memungkinkan diadakannya kegiatan Fieldtrip.  Selain itu, suatu organisasi dari sekolah tersebut juga memerlukan biaya yang cukup besar untuk menyelenggarakan studi lapangan tersebut.

Fieldtrip bukanlah suatu kegiatan bagi para murid untuk bertamasya ataupun bermain saja diluar lingkungan sekolah. Namun biasanya Fieldtrip tersebut  dilakukan dengan menyertakan tugas laporan yang hendak mereka cari tentang informasinya. Para murid biasanya diberi suatu kertas laporan untuk menuliskan informasi apa saja yang mereka dapatkan lalu diberi tes berupa ulangan untuk mencoba pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan studi lapangan tersebut. Ada juga beberapa guru yang akan menganjurkan mereka untuk menuliskan artikel ataupun jurnal dari wilayah objek wisata yang telah mereka kunjungi sehingga adanya suatu laporan dari setiap siswa yang telah melakukan pengamatan studi lapangan. Inilah kegiatan Fieldtrip yang telah diterapkan oleh beberapa sekolah pada umumnya.

Namun tidak sedikit pula kendala-kendala yang ditemui dalam merencanakan field trip. Lokasi yang akan dituju misalnya. Minimnya informasi dan akses menuju lokasi wisata terutama wisata pendidikan membuat banyak sekolah yang merencanakan fieldtrip pada akhirnya memilih untuk menyerahkan perencanaan dan pelaksanaan Wisata Sekolahnya kepada School Trip Organizer.

School Trip Organizer adalah perusahaan perencana kegiatan yang hanya memfokuskan diri dibidang perencanaan serta pelaksanaan kegiatan Field Trip Sekolah. Salah satunya adalah Wisata Sekolah.com. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2009 ini pada awalnya adalah sebuah perusahaan perencana kegiatan Outdoor Activity. Namun banyaknya permintaan dari pihak sekolah pada akhirnya membuat Wisata Sekolah.com hanya memfokuskan diri dalam perencanaan dan pelaksanaan Fieldtrip Sekolah saja.

“Semenjak Websitenya diluncurkan, setiap saat telepon di kantor berdering terus menerus… ” ujar Mbak Erna, manajer operasional Wisata Sekolah.com.  Dari sekedar menanyakan informasi tentang lokasi wisata edukasi maupun permintaan untuk perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Fieldtrip. Tidak sedikit sekolah swasta maupun negeri bahkan sekolah Internasional yang mempercayakan fieldtrip sekolahnya kepada Wisata Sekolah.com. Jakarta Internasional Multicultural School Ciputat  misalnya. Mereka mempercayakan pengelolaan Wisata Edukasi Sekolahnya kepada Wisata Sekolah.com. Lokasi wisata edukasi yang unik dan menarik serta tim yang profesional menjadi modal utama. Menurut Mbak Erna, memang sebagian besar crew Wisata Sekolah.com adalah orang-orang yang biasa bekerja sebagai Trainer dan Fasilitator Outbound. Ini menjadi salah satu nilai tambah dari Wisata Sekolah.com.

Berbeda lagi dengan Tunas Mulia School, Gading Serpong, Tangerang. Membayangkan antusias murid-murid melihat kapal perang TNI AL dan mengendarai Tank menjadi salah satu alasan sekolah ini mempercayakan Fieldtrip Sekolahnya kepada Wisata Sekolah.com. Tak ayal wisata edukasi yang unik dan menarik ini membuat DAAI TV, salah satu Stasiun Televisi swasta di Jakarta ini ikut serta meliput kegiatan Fieldtrip Tunas Mulia School bersama Wisata Sekolah.com dalam program Liputan Cilik.

Mungkin saja kegiatan Fieldtrip ini akan mulai berangsur dan diterapkan oleh pihak sekolah lainnya karena studi lapangan di luar sekolah ini mampu memberikan manfaat yang lebih untuk para siswanya. Akankah semua sekolah dapat mencanangkan program ini? Semoga saja…

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Gedung Flora di Malang …

Abdul Malik | | 02 August 2014 | 08:36

Yuk Kenali Serba-serbi Njagong …

Giri Lumakto | | 01 August 2014 | 23:14

Akankah 3-5-2 Menggeser Tren 4-2-3-1? …

Muhamad Rifki Maula... | | 01 August 2014 | 23:30

Di Balik Akasia …

Langit Senja | | 01 August 2014 | 08:37

Ikuti Lomba Resensi Buku Tanoto Foundation! …

Kompasiana | | 11 July 2014 | 16:12


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: