Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Sri Andriyani

Menyukai mengajar, Bagi saya Hidup adalah perjuangan. Siapa yang bisa berjuang dengan baik maka dialah selengkapnya

Belajar IPS dengan Program Camtasia Studio

OPINI | 08 May 2013 | 23:04 Dibaca: 205   Komentar: 4   2

Pembelajaran IPS terbilang menjenuhkan, banyak teori yang harus dihafal siswa. Contoh saja untuk menghafal suatu definisi tentang kenampakkan alam, ada definisi tentang gunung, pegunungan, laut, selat, danau, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, sungai dan lain-lain. Belum lagi siswa harus memahami masalah sosial. Ada masalah kependudukan, kemiskinan, salah pergaulan, dan sebagainya. Memberikan pemahaman materi ini untuk usia SD kelas empat memang sangat menyulitkan. Belum lagi untuk membuat mereka konsentrasi dan memberikan motivasi butuh waktu sehingga menghabiskan jam pelajaran yang tersedia.

Seorang guru memang dituntut harus kreatif untuk membuat terobosan baru pada setiap masalah KBM yang dihadapi. Pada saat menghadapi masalah dalam KBM, bagaimana siswa bisa dengan enjoy dan mudah memahami pelajaran yang dihadapinya. Sebagai guru saya mempunyai ide, ide ini terungkap ketika saya mengikuti workshop membuat media pembelajaran berbasis ICT. Saya sempat berpikir untuk mengkolaborasi Informasi Teknologi dengan pelajaran IPS. Sudah biasa apabila guru TIK menggunakan media berbasis ICT. Namun saya memiliki ide untuk menggunakan ICT dalam pelajaran IPS yang saya ajarkan. Penggunaan Program Camtasia studio menjadi pilihan saya untuk mengajarkan siswa didik dalam materi masalah sosial kelas empat SD.

Program camtasia studio ini adalah program untuk merekam. Camtasia adalah software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer.

Untuk awal saya membuat materi di powerpoint, dari video yang saya ambil dari youtube yang berhubungan dengan masalah sosial di download. Setelah semua materi sudah ada di powerpoint. Saya segera untuk merekamnya dengan program camtasia ini. Biasanya di tengah materi saya menjelaskan dicantumkan kuis pertanyaan yang tiba-tiba muncul di hasil rekaman saya. File ini berupa vodeo sehingga siswa asik mendengarkan video pebelajaran yang saya buat.

Siswa lebih konsentrasi yang biasanya ngobrol dengan temannya, dengan video pembelejaran  yang saya buat justru asik seperti nonton TV saja. Walau ditengah-tengah video saya masukkan pertanyaan berupa kuis. Setelah itu saya berdiskusi untuk mengevaluasi video pembelajaran yang mereka tonton. Alhamdulillh respon siswa lebih aktif karena tidak ada siswa yang mengantuk saat mendengarkan ceramah saya.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

[Pileg] Pertarungan antar “Kontraktor …

Syukri Muhammad Syu... | | 23 April 2014 | 22:57

Pengalaman Jadi Pengamen Pada 1968 – 2013 …

Mas Ukik | | 23 April 2014 | 21:14

Ini yang Penting Diperjelas sebelum Menikah …

Ellen Maringka | | 23 April 2014 | 13:06

Bumiku Sayang, Bumiku Malang …

Puri Areta | | 23 April 2014 | 16:46

Kompasiana Menjadi Sorotan Pers Dunia …

Nurul | | 22 April 2014 | 19:06


TRENDING ARTICLES

Hotma Paris Hutapea dan Lydia Freyani …

Zal Adri | 13 jam lalu

Jokowi, Prabowo, dan Kurusetra Internet …

Yusran Darmawan | 15 jam lalu

Wuih.. Pedofilia Internasional Ternyata …

Ethan Hunt | 15 jam lalu

Bukan Hanya BCA yang Menggelapkan Pajak …

Pakde Kartono | 16 jam lalu

Kasus Hadi Poernomo, Siapa Penumpang …

Sutomo Paguci | 17 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: