Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Kesha Meisatu

Pengamat kebijakan Politik Islam, Indonesia, Amerika Non Mainstream. jangan berharap tulisan saya seperti kebanyakan media selengkapnya

Semua Pendiri Bimbel Itu Orang-orang Hebat

OPINI | 19 June 2013 | 11:16 Dibaca: 3133   Komentar: 0   4

Siang Kompasianer, nah berhubung sekarang lagi kenaikan kelas dan kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru akan segera dimulai, baiknya buat yang akan meng ikutkan anak, adik atau saudaranya ke sebuah bimbingan belajar ada baiknya melihat terlebih dahulu bimbel yang dipilih agar sesuai dengan kebutuhan dan kesamaan budaya. agar tidak ada yang merasa di rugikan setelahnya.

oya, kalau saya perhatikan dan analisa dari Bimbel - bimbel yang ada di Indonesia, ternyata para pendirinya ialah orang-orang yang luar biasa, minimal mereka punya adversity quotient (ketahan malangan) yang luar biasa. karena sanggung membangun usaha dari bawah dengan kerugian kemudian menjadi usaha raksasa beromzet milyaran per bulan.

berikut sedikit review tentang bimbel yang saya tahu, semoga bisa bermanfaat :

1. Primagama :

pemiliknya bernama Purdi E Chandra. mahasiswa UGM yang tidak selesai kuliah lalu mencoba merintis usaha bimbel dari nol kemudian menjadi pengusaha kelas kakap dan terkenal dengan bukunya “cara gila jadi kaya” namun akhirnya cara gilanya mengantarkan beliau di pailitkan oleh bank BNI Syariah karena tidak membayar cicilan hutang selama 3 tahun dg jumlah sekitar 26 Milyar.

Primagama itu tempat saya les saat SMP kelas 3 dan SMA kelas 3. saat itu saya ikut di Primagama cabang Metro Lampung, Gurunya sebagian dri sekolah saya yg unggulan. tapi secara keseluruhan saat SMP kemampuan mengajar gurunya diatas rata2 guru di sekolah saya. akhirnya saat SMP saya dapat nilai tertinggi UN ke 3 di sekolah danmasuk ke SMA unggulan. dan akhirnya saat kelas 12 saya ikut lagi. tapi sayangnya tidak semua guru sebagus dari yang saya dapatkan waktu di SMP. tapi alhamdulillah tetep Lulus SPMB di pilihan kedua hehe. ada yg bilang, krena primagama sudah memakai sistem frenchise dan sudah ada 700 lebih cabang diindonesia, kekurangannya tidak semua cabang punya kualitas yang sama, karena manajemen tidak sepenuhnya dipegang pusat. IMHO

2.Ganesha Operation :

Nah bimbel ini dari bandung, waktu itu saya denger pas di lampung bimbel ini harganya cukup mahal tapi bagus. dan sekarang yang saya tahun GO menjadi Bimbel terpopuler di Indonesia. guru2nya kabarnya di rekrut dari sekolah. dan program kelasnya ada yg gold,silver dll. dan kekuranganya yg saya baca2 di internet kalau masuk program yg reguler pelayanannya tidak sama dg yg ikut kelas gold dll.

Pemilik GO yang saya tahu juga orang hebat, karena bukunya tanpa saya sadar saya gunakan saat belajar fisika di kelas 10 SMA. selain pengarang buku dan pengusaha Bimbel, Pemilik GO Bob Foster merupakan seorang pendeta bersumber dari link ini http://bosbimbel.wordpress.com/ganesha-operation/aktifitas/ jadi beliau selain pengusaha juka pemuka agama (pendeta)

3.Nurul Fikri

Saya baru tahu Nurul Fikri tahun 2008, padahal yang saya dengar bimbel ini sudah ada sejak 1985 woow, Nurul Fikri jarang terdengar karena bimbel ini biasanya mengandalkan promosi mouth to mouth, dan kabarnya bimbel ini mengaku punya biaya les terjangkau dan kualitas memukai. bener ga yah? kayaknya sih bener, karena ada alumni-alumninya berkualitas yang terkenal seperti Najwa Shihab, fahri Hamzah, Peggy Melati Sukma, Oki Setiana Dewi dll. bimbel ini sangat “pelit” untuk di Frenchise kan, karena ia mau menjaga kualitas. dan bimbel ini kabarnya punya kelebihan yaitu Islami banget, karena siswi pas les wajib pakai jilbab, dan ada pelajaran motivasi dan keislamannya.

karena saya warga twitter, kalau saya perhatikan Nurul Fikri itu bimbel yang paling eksis sendiri di Twitter, klw ga salah akunnya @BimbelNF udah ada 8700an followers dan tweet nya sudah mirip harga gula sekilo hehe 24.000 tweet.

Pemilik Bimbel Ini yang saya tahu ada empat orang, kabarnya salah satunya pernah jadi Menteri Riset dan Teknologi namanya pak Suharna Surapranata. wihh hebat juga yah bos bimlbel nya bisa jadi menteri

4.Bintang Pelajar

Nah ini bimbel saya kenal baru tahun 2008, berdiri skitar tahun 80an juga. dan sangat terkenal di bogor. bimbel ini untuk kalangan menengah ke atas. karena satu kelas cuma ada 5 siswa. biaya mahal dan fasilitas mantabs. kekurangannya ialah biayanya mahall banget jadi ga semua kalangan bisa merasakan pendidikan yang baik. dan kelas 12 nya siswanya sedikit.

pemiliknya namanya pa Choirot, orangnya baik saya pernah ketemu.

mungkin itu dulu sdikit reviewnya untuk beberapa bimbel saja yah hehe. semoga bermanfaat dan membuat kompasianer punya pertimbangan saat memilih bimbel ke depannya.

mohon maaf jika ada salah-salah kata

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Dari Kompasianival: Strategi Ahok, Emil, dan …

Ninoy N Karundeng | | 23 November 2014 | 08:22

Urusan Utang dan Negara: Masih Gus Dur yang …

Abdul Muis Syam | | 23 November 2014 | 05:39

Akrobat Partai Politik Soal Kenaikan BBM …

Elde | | 22 November 2014 | 21:45

Obama Juara 3 Dunia Berkicau di Jaring …

Abanggeutanyo | | 22 November 2014 | 02:59

Nangkring dan Blog Reportase Kispray: …

Kompasiana | | 12 November 2014 | 11:39


TRENDING ARTICLES

Selamat ke Pak Tjip, Elde dan Pakde Kartono …

Pakde Kartono | 4 jam lalu

Kesan-kesan Saya Ikuti Kompasianival 2014, …

Djarwopapua | 12 jam lalu

Catatan Kompasianival 2014: Aksi Untuk …

Achmad Suwefi | 14 jam lalu

Duuuuuh, Jawaban Menteri iniā€¦ …

Azis Nizar | 21 November 2014 22:51

Zulkifli Syukur, Siapanya Riedl? …

Fajar Nuryanto | 21 November 2014 22:00


Subscribe and Follow Kompasiana: