Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Embun Pagi

mahasiswa satra inggris bidang penerjemahan universitas terbuka

Sekali tentang Kuliah di Universitas Terbuka

REP | 07 July 2013 | 19:50 Dibaca: 3865   Komentar: 2   1

SEKALI TENTANG KULIAH DI UNIVERSITAS TERBUKA

Tidak terasa saya sudah memasuki semester 3 kuliah di jurusan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan FISIP Universitas Terbuka.Saya sudah melewati dua semester yang menurut pengalaman saya penuh dengan perjuangan.

Saya yang terbiasa kuliah di kelas dengan tatap muka dengan dosen,harus beradaptasi dengan sistem kuliah di Universitas Terbuka yang memakai sistem mandiri.Saya memang memilih sistem kuliah non Sipas atau non Paket Semester yang berarti saya diharuskan rajin membaca modul atau ikut tutorial online.

Kuliah di Universitas Terbuka memang cukup terjangkau.Ketika mendaftar pertama kali yaitu pasa pendaftaran 2012.2 biaya kuliah di Universitas Terbuka masih Rp 20.000 persks dan uang formulir 135 ribu .Ketika membayar untuk semester pertama di jurusan Satra Inggris,uang yang saya keluarkan sekitar 1,1 juta untk biaya kuliah 23 sks plus 7 buah modul.Ketika memasuki semester kedua yaitu masa pendaftaran 2013.1 uang kuliah di jurusan Sastra Inggris naik menjadi 41 ribu /persks .Sebenarnya kenakan tersebut cukup berat untuk saya dan teman-teman mahasiswa lainnya.Tetapi karena memang suatu keharusan akhirnya saya tetap mendaftar menjadi mahasiswa Universitas Terbuka.

Universitas terbuka  memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi dengan jenjang yang bervariasi meliputi:

§ Program Magister

§ Program Sarjana/S1

§ FKIP

§ FMIPA

§ FEKON

§ FISIP

Yang perlu diketahui tentang Universitas Terbuka adakah sebagai berikut :

Universitas Negeri (diambil dari https://www.facebook.com/notes/catur-wahono/jangan-putus-sekolah-ayok-kuliah-how-to-be-ut-student-cara-mendaftar/10151527638054130)

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke 45 di Indonesia yang di resmikan tanggal 4 September 1984 berdasarkan Keppres RI No.41 Tahun 1984.

  • Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dan Tidak ada Batasan Umur

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/Internet, siaran radio dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

  • Cara Belajar

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. Tambahan,  Di Ut ada yang namanya Tutorial Online, yaitu semacam kuliah online, semacam forum belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa tapi jarak jauh.

  • Biaya Kuliah Cukup Terjangkau

Biaya kuliah di UT sangat-sangat Murah dibandingkan dengan Biaya kuliah di perguruan tinggi lainnya. Hemat kantong dan sangat bersahabat. UT mempunyai beberapa program, ada yang sistem paket ada yang non paket. Kalau yang non paket untuk satu sksnya berbeda-beda sesuai prodi yang diambil.

  • Ada di Setiap Kota/ Kabupaten Seluruh Indonesia

UT mempunyai cabang atau nama lainnya adalah UPBJJ ( Unit Program Belajar Jarak jauh ) yang tersebar di setiap propinsi dan kota di Indonesia. Alamat Lengkapnya bisa Dilihat Di sinihttp://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat-upbjj-ut.html

  • Program Studi Diploma, Sarjana, Dan Pascasarjana yang ditawarkan Bermacam-macam

>> FKIP : PGSD, PGPAUD, Pend. Mat, Pend. FISIKA, Pend. Bio, Pend Kimia, dll

>> FMIPA : Matematika, Biologi, Agribisnis, ITP, PWKL, dll

>> FEKON : Ekonomi, Manajajemen, Akuntansi

>> FISIP : English, Administrasi negara, Ilmu Komunikasi, Perpustakaan S1, D2 perpus, dll

1. >> Pascasarjana : Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik, Manajemen, Ilmu Kelautan Bidang Bidang Minat Manajemen Perikanan, Pendidikan Matematika

informasi lengkap jadwal pendaftaran : http://ut.ac.id/tentang-ut/sistem-registrasi/609-kalender-akademik-2013.html#program-non-pendas

Informasi lengkap tentang UT dan biaya-biaya , dll ada di katalog http://ut.ac.id/mahasiswa-dan-alumni/katalog-ut/83-mahasiswa-a-alumni/613-katalog-ut-non-pendas.html

Cara Mendaftar Untuk Program Non Pendas ( pendaftaran Mulai 2-17 Juli 2013):

Perlu diketahui bahwa UT memiliki beberapa Program terdiri dari Pendas ( Khusus Untuk Mereka yang telah mempunyai Surat Mengajar , biasanya mereka para guru ), dan Non Pendas ( reguler, khusus mahasiswa lulusan SMA sederajat ). Berikut langkah-langkahnya :

1. Datang ke UPBJJ UT terdekat ( alamat UPBJJ setiap kota sudah saya cantumkan diatas ) , (sebetulnya pendaftaran bisa dilakukan secara online).

2. Siapkan ijazah SMA/Sederajat yang telah dilegalisir plus pas photo 2×3 dan 3×4 , 3 lembar

3. Siapkan alat tulis

4. Minta berkas registrasi pertama di staff pendaftaran, biaya gratis

5. Isi form data pribadi dengan lengkap dan jelas

6. Isi form registrasi Mata Kuliah

7. Setelah selesai, kembalikan form tersebut beserta dengan ijazah dan pass photo, akan diterbitkan “ Lembaran Informasi Pembayaran (LIP) “ atau tagihan biaya pendidikan. Anda akan mendapat LIP dan kartu mahasiswa.

8. Bayar biaya pendidikan tersebut di bank-bank yang telah di tunjuk sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Dan Anda sudah menjadi mahasiswa ut.

9. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah beli/pinjam modul ut lalu belajar untuk persiapan UAS, jangan lupa untuk ikut tutorial online nya dengan mengaktifkan id nya terlebih dahulu.

10. Untuk mendapatkan bahan ajar (modul) UT baru, anda hanya dapat membelinya melalui toko online UT di alamat : http://www.tbo.karunika.co.id , kisaran harga buku rp 50-80rb, sedangkan apabila Anda merasa harga buku baru memberatkan Anda, melalui forum komunitas mahasiswa UT di alamathttp://www.student.ut.ac.id ada banyak alumni UT yang baru saja lulus menjual harga buku bekas mereka dengan harga lumayan miring, atau kalau Anda punya kenalan alumni, boleh juga minta pinjam buku mereka ( diambil dari https://www.facebook.com/notes/catur-wahono/jangan-putus-sekolah-ayok-kuliah-how-to-be-ut-student-cara-mendaftar/10151527638054130)

Saya sendiri sekarang sudah mulai bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran di Universitas Terbuka.Kuliah di Universitas Terbuka cukup menyenangkan dan merupakan pengalaman tersendiri.

Ayo mari kuliah.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kampanye Wisata Thailand’s Best …

Olive Bendon | | 28 July 2014 | 16:49

Lebaran di Jerman dengan Salad …

Gitanyali Ratitia | | 29 July 2014 | 16:53

Membuat Hidangan Lebaran di Moskow (Jika …

Lidia Putri | | 28 July 2014 | 17:08

Visa on Arrival Turki Dihapus? …

Sifa Sanjurio | | 29 July 2014 | 06:03

Memilih Tempat yang Patut di Kunjungi, Serta …

Tjiptadinata Effend... | | 29 July 2014 | 19:46


TRENDING ARTICLES

Pijat Ala Dubai International Airport …

Ardi Dan Bunda Susy | 28 July 2014 23:45

Jangan Terlalu Berharap Banyak Pada Jokowi …

Bambang Srijanto | 28 July 2014 22:40

Berlebaran Tetap Gaya dengan Kaos Kompasiana …

Topik Irawan | 28 July 2014 21:13

Jangan Nanya Panci ke Polisi Amerika …

Usi Saba Kota | 28 July 2014 18:24

” Dari Tahun Ketahun Tak Pernah …

Rere | 28 July 2014 13:56

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: