Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Iwan Sumantri

" Satu Orang Musuh terlalu Banyak, Seribu Orang Sahabat Terlalu Sedikit " email : iwansmtri@gmail.com atau: selengkapnya

Guru Matematika Belajar Internet! Kenapa Tidak?

REP | 03 September 2013 | 21:18 Dibaca: 195   Komentar: 4   6

Orang yang buta huruf dijaman digital dan serba maju sekarang ini telah beralih maknanya dari tidak bisa baca tulis menjadi “orang yang tak bisa internetan dan bahasa Inggris“, ini menurut saya. P4TK Matematika dengan Diklat Onlinenya membuka wawasan lebih profesional lagi kepada para Guru Matematika melalui Diklat Onlinenya. Sebuah diklat mengikuti perkembangan jaman di dunia yang serba digital dan marak dengan internet.

Jurnal Kegiatan diklat online hari kedua materinya adalah INTERNET .

Pembahasan di topik ini mencakup pemanfaatan Internet sebagai sumber referensi untuk karya ilmiah, bagaimana mencari dan memverifikasi informasi dari internet yang layak untuk digunakan. Selain itu juga membahas publikasi video ke internet, terutama video yang dibuat dengan teknik screencast

Pada kegiatan ini saya mencoba mengikuti alur dan aktifitas Diklat Online P4TK Matematika dengan materi-materi berikut ini :

Dari Materi yang disajikan melalui situsnya E-Training P4TK saya mencoba berbuat dan melakukan apa yang di anjurkan. Diawali dengan membaca hasil download yang saya simpan sebagai arsip untuk kelak dikemudian hari diperlukan, dan akhirnya melakukan praktek bagaimana berinternet didunia maya dengan sang Gurunya adalah situs E-Training P4TK Matematika. Hasilnya bisa disimak berikut ini :

Tugas Aktifitas 1 : Pencaharian Naskah

  • Carilah 3 naskah ilmiah yang membahas tentang topik tertentu yang akan Anda tulis sebagai karya ilmiah. Gunakamkata kunci yang tepat sehingga naskah yang Anda temukan benar-benar relevan dengan kebutuhan Anda.
  • · Tuliskan pada tanggapan/komentar di thread ini dengan menuliskan topik yang anda cari, alamat URL dari naskah-naskah yang anda temukan dan Anda anggap layak dan jelaskan mengapa naskah tersebut Anda anggap

Di kegiatan ini saya coba berkelana dan jalan-jalan di dunia maya dengan INTERNET dan akhirnya menemukan hasil :

Topik Yang Dicari : Pemanfaatn TIK Dalam Pembelajaran Matematika Di sekolah
Hasil Pencaharian
:
1)http://p4tkmatematika.org/2013/05/seminar-nasional-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dalam-pembelajaran-matematika-menyongsong-implementasi-kurikulum-2013/
Alasan Kelayakan : Pada link ini dijelaskan oleh para nara sumber dalam pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika menyonsong implementasi Kurikulum 2013,dimana tidak ada mata pelajarn TIK, tapi TIK TIK digunakan sebagai sarana atau media pembelajaran semua mata pelajaran. Jadi hal ini layak sebagai sumber bagi topik yang saya pilih.Selain itu di link ini juga di sampaikan oleh ketiga nara sumber bagaimana TIK berperan dalam pembelajaran Matematika.

2). http://pasca.tp.ac.id/site/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan
Alasan kelayakan : Sesuai dengan yang diharapkan dalam pemanfatan TIK Dalam pembelajaran Matemtiak disekolah, dimana dijelaskan 14 poin pemanfaatan TIK untuk pendidikan yang disajikan oleh Prof.Dr.Mustaji,M.Pd

3) http://pmat.uad.ac.id/peranan-tik-dalam-proses-pembelajaran-matematika-di-sekolah.html
Alasan Kelayakan : Makalah disampaikan oleh seorang Profesor FMIPA UNJ Prof.Dr. Suyono M.Si, yang membahas tentang pemanfaatan Kalkulator di sekolah. Ini relevan dengan pemanfaatan TIK di sekolah (kelas).

13782156591701116892

Bukti Screencast Di Situsnya E.Training P4TK Matematika

Pada kegiatan ini kendala yang saya hadapi adalah bagaimana menentukan artikel itu layak atau tidaknya sebagai bahan acuan untuk nanti membuat KTI. Tapi dengan modal keyakinan dan masukan dari fasilitator diklat online saya coba singgah di link tersebut diatas.

Tugas Aktifitas 2 : Publikasi Video Screencast

Silahkan mempublikasikan video yang telah dibuat dengan screencast.
Silahkan dituliskan pada tanggapan:

1.Judul video
2.Link alamat video (boleh juga meng-embed video langsung ke forum, gunakan old embed code)
3. Kesan pesan pengalaman membuat screencast (dari 3 software, mana yang paling bagus, paling mudah, dsb)

Akhirnya saya buka link di kompasiana yang berjudul ” Guru Matematika Membuat Video Pembelajaran Kenapa Tidak?

1378216428983054520

Hasil Vostingan Dari Kompasiana di Ke Situs E-Training P4TK Matematika

Ada hal yang menarik di kegiatan ini…videoku muncul banyak sekali…jadi malu…entah kenapa sampai sekarang belum bisa merubahnya….sudah saya sampaikan permasalahannya ke admin/fasilitator…tapi belum ada tanggapan. Pengalaman berharga di kegiatan ini.

Kegiatan Menyimpan File Onlin

Seringkali kita perlu menyimpan file baik sebagai backup atau arsip. Sekarang kita dapat menyimpan file pada penyimpan Cloud (awan) artinya file disimpan di Internet sehingga dapat diambil dari mana saja asalkan ada koneksi. Selain itu file dapat kita share dengan kolega dengan mudah, file yg di share dapat didownload orang lain dengan memberi link URL file tersebut.

Salah satu yang cukup populer adalah dropbox. Silahkan bereksplorasi dengan dropbox. dan silahkan share disini pengalamannya. atau bagi yang punya file bagus bisa coba di-share melalui dropbox dan link URL nya bisa disebutkan disini

Dikegiatan ini saya hanya mencoba berkomentar, dan belum sempat bermain-main dengan dropboxnya. Insya Allah di lain kesempatan saya coba, ini penting sekali di era banyak virus menyerang file-file kita.

Kegiatan Download Video Dari Internet

Ada beberapa pertanyaan bagaimana download video dari internet, khususnya dari Youtube. berikut ada beberapa alternatif:

1. Pakai downloader online, misalnya situs keepvid.com
Copy URL/Link dari youtube ke situs tersebut dan klik download, tunggu sampai ada link untuk mendownload dalam berbagai format file
Untuk menggunakan Keepvid komputer harus terinstal Java

2.Menggunakan software yang diinstal di komputer. misalnya Atube Catcher (download di http://atube-catcher.dsnetwb.com/video/ )


kelebihannya:
-bisa download lebih dari 1 video dalam waktu bersamaan
-bisa mengkonversi ke berbagai file dan kualitas
-proses download lebih cepat dan lebih stabil

yang punya pengalaman lain silahkan share disini

Saya pribadi merekomendasikan cara 2 yang pakai Atube Cathcer

Sama dengan kegiatan Menyimpan File Online diatas, pada kegiatan ini saya belum mencoba mempraktekkannya secara optimal, masih mencoba-coba.

Akhirnya mata lelah dan terasa capai, saya istirahat sambil melihat video ICE Breaking berikut ini :

13782175491271474307

Berpikir sejenak…menghilamgkan kejenuhan !

Itulah sekelumit Jurnal Kegiatan di Materi Internet, diakhiri dengan diskusi bersama rekan seangkatan tentang INTERNET, saya OFF bersiap untuk mengajar besok harinya.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan keilmuan di dunia internet.

Salam Penuh persahabatan dari ONE SM


 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Selamat Jalan, Super Admin Kompasiana! …

Nurul | | 27 August 2014 | 11:44

Bledug Kuwu, Fenomena Langka Alam Indonesia …

Agoeng Widodo | | 27 August 2014 | 15:18

Tukang Ojek yang Membawa Perdamaian di Kota …

Uwais Azufri | | 27 August 2014 | 14:30

Artis Cantik Penginjak Bendera ISIS …

Den Hard | | 27 August 2014 | 12:26

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


TRENDING ARTICLES

Pak Jokowi, Buka Hubungan Diplomatik dengan …

Ninoy N Karundeng | 9 jam lalu

Persaingan Para Istri Bersuamikan WNA …

Usi Saba Kota | 9 jam lalu

“Tuhan, Mengapa Saya Kaya?” …

Enny Soepardjono | 10 jam lalu

DPRD Jakarta Belum Keluar Keringat, tapi …

Febrialdi | 10 jam lalu

“Kelompok Busuk Menolak Ahok” …

Pakfigo Saja | 11 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: