Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Sri Isnaini

Guru matematika SMPN 1 Kauman

Dengan Alat Peraga yang Abstrak menjadi Nyata

REP | 14 September 2013 | 05:50 Dibaca: 742   Komentar: 0   0

Alat peraga dalam pembelajaran dapat ,Memudahkan memahami suatu konsep matematika, menjadi terampil dengan konsep matematika yang dikuasai, dapat memotivasi ketertarikan konsep matematika pada siswa, dan bias sebagai sumber belajar.

Misalnya kita belajar teorema Pythagoras dengan alat peraga sebagaimana materi diklat online kali ini

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, peserta diharapkan mampu:

1. mengetahui dan memahami bukti-bukti Teorema Pythagoras

2. mengenal contoh-contoh alat peraga Teorema Pythagoras dan cara penggunaannya

3. membuat alat peraga Teorema Pythagoras

4. membuat LKS untuk pembelajaran matematika SMP pada KI 3 KD 3.8 kelas VIII

Salah satunya dengan menggunakan alat peraga Pythagoras 3-4-5 seperti dibawh ini

Alat peraga model ini menggunakan segitiga siku-siku dengan ukuran 3 satuan, 4 satuan, dan 5 satuan atau kelipatannya.

Berikut ini adalah alternatif strategi pembelajaran dalam memanfaatkan alat peraga Teorema Pythagoras

1. Pada proses pembelajaran, guru hendaknya berperan sebagai fasilitator. Peserta didik harus aktif dalam mengaitkan antara fenomena yang terdapat pada alat peraga Teorema Pythagoras dengan Teorema Pythagoras

2. Guru hendaknya menyiapkan dan membuat alat peraga Teorema Pythagoras serta bahan-bahan penunjang yang diperlukan (misalnya Lembar Kerja/LK). Contoh LK terlampir

3. . Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok mendiskusikan satu alat peraga Teorema Pythagoras dan mengerjakan LK

4. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil yang diperoleh

5. Guru membantu menyimpulkan hasl diskusi dengan menggunakan pertanyaan yang mengarah

Selain alat peraga Teorema Pythagoras yaitu dengan tangram

Mengenal tangram dan variasinya, sehingga terinspirasi untuk menggunakan tangram dalam pembelajaran matematika di SMP sesuai dengan kurikulum 2013

Sesuai dengan kurikulum 2013, Tangram dan variasinya dapat dimanfatkan pada pembelajaran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebagai berikut.

Kelas 1

3.1 Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas

4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang

Kelas 2

3.6. Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran

3.7. Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

3.8. Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan

4.5. Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah

4.6. Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

Kelas 3

3.6. Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan

4.5. Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan

Tulisan ini saya tulis sebagai jurnal kegiatan Matematika materi “alat Peraga”

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Nangkring Bareng Pertamina …

Maria Margaretha | | 29 August 2014 | 23:37

“Curhat Jokowi Kelelep BBM dan Kena …

Suhindro Wibisono | | 29 August 2014 | 16:40

Jose Mujica, Dihormati Meskipun Tidak Punya …

Putu Djuanta | | 29 August 2014 | 14:30

Kompasiana Nangkring bareng Sun Life: Kenapa …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 12:58

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


TRENDING ARTICLES

Jogja Terhina, France Tidak Perlu Minta Maaf …

Nasakti On | 7 jam lalu

Rising Star Indonesia, ‘Ternoda’ …

Samandayu | 7 jam lalu

Yogya, Kamar Kos, dan Segarnya Es Krim Rujak …

Wahyuni Susilowati | 11 jam lalu

Doa untuk Mas Vik …

Aiman Witjaksono | 14 jam lalu

Kejadian di SPBU yang Bikin Emosi… …

Ryan M. | 18 jam lalu


HIGHLIGHT

5 Polusi Rumah yang berbahaya selain Rokok …

Hendrik Riyanto | 7 jam lalu

Tentang Mengusahakan Jodoh …

Adin_noel | 9 jam lalu

V2 a.k.a Voynich Virus (part 19) …

Ando Ajo | 9 jam lalu

Meninjau Konsistensi kehalalan Produk …

Donny Achmadi | 9 jam lalu

Gojlokan Dian Kelana, Membuatku Kecanduan …

Seneng Utami | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: