Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Alpha Mariani

Memberikan yang terbaik dari apa yang kita punya

Kurikulum 2013

OPINI | 14 September 2013 | 14:03 Dibaca: 384   Komentar: 0   0

Sekolah saya adalah salah satu sekolah sasaran implementasi kurikulum 2013. Beberapa guru pengajar kelas VII sudah mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 selama 5 hari, saya termasuk di dalamnya. Meskipun sudah mendapat pelatihan ternyata masih banyak hal yang belum saya pahami.

Diklat online P4TK selama 15 hari yang sedang saya ikuti sekarang, juga memasukkan kurikulum 2013 di salah satu materi pelatihannya. Kalau dulu waktu pelatihan masih meraba-raba, dengan membaca lagi materi dari P4TK sudah mulai terang hehehe.

Materiberisi tentang elemen perubahan kurikulum 2013,yaitu : 1) Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, ketrampilan dan pengetahuan di kompetensi lulusannya, 2) kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi, 3) Untuk satuan Pendidikan SMP,kompetensi dikembangkan melalui mata pelajaran, 4) Perubahan struktur kurikulum baik mapel maupun alokasi waktunya, 5) Proses pembelajaran dan 6) Penilaian hasil belajarnya.

Selain perubahan kurikulum juga dibahas tentang pendekatan scientific dan penilaian autentik. Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah/scientific dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini dapat pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Pendekatan ilmiah yang dimaksud adalah proses yang berawal dari mengamati - menanya - menalar - mencoba dan membuat jejaring. Diharapkan setelah pendekatan scientific ini menjadi habit-kebiasaan dari peserta didik maka peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan soft skills(menjadi manusia yang baik) dan hard skills(manusia memiliki kecakapan dan  pengetahuan untuk hidup secara layak akan tercapai.

Penilaian autentik merupakan pengukuran proses atas hasil belajar peserta didik  untuk ranah sikap , ketrampilan dan pengetahuan, Sedangkan jenis - jenis penilaian autentik adalah : 1) Penilaian kinerja, 2) Penilaian proyek, 3) Penilaian portofolio dan 4) Penilaian tertulis.

Materi ini jelas sangat mendukung saya sebagai guru sasaran implementasi kurikulum 2013, yang lebih mengasyikkan adalah tanya jawab di forum ini. Saya kadang hanya membaca dan mempelajari hanya dari komentar rekan - rekan peserta diklat. Saya masih kebingungan penilaian macam apa karena format Laporan Hasil Belajar belum diketahui, namun dari share teman - teman saya mulai tahu draft final dari Laporan Hasil Belajar di Kurikulum ini.

Buat panitia diklat….kalau diklat ini berakhir, tolong forum tanya jawab jangan ditutup ya ! Karena ini merupakan salah satu media saya untuk belajar (beberpa belum sempat saya baca…karena terkendala waktu, mungkin lain kali saya bisa lebih fokus membaca dan mencemati….. Jangan di off ya (please…)

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pelajaran Akan Filosofi Hidup dari Pendakian …

Erik Febrian | | 18 April 2014 | 10:18

Memahami Penolakan Mahasiswa ITB atas …

Zulfikar Akbar | | 18 April 2014 | 06:43

Kalau Sudah Gini, Baru Mau Koalisi; …

Ali Mustahib Elyas | | 18 April 2014 | 11:32

Mulai Terkuak: Penulis Soal UN “Jokowi” …

Khoeri Abdul Muid | | 18 April 2014 | 11:32

Yuk, Ikuti Kompasiana Nangkring bareng …

Kompasiana | | 15 April 2014 | 20:47


TRENDING ARTICLES

Bila Anak Dilecehkan, Cari Keadilan, …

Ifani | 7 jam lalu

Semen Padang Mengindikasikan Kemunduran ISL …

Binball Senior | 8 jam lalu

Senjakala Operator CDMA? …

Topik Irawan | 9 jam lalu

Tips Dari Bule Untuk Dapat Pacar Bule …

Cdt888 | 10 jam lalu

Seorang Ibu Memaafkan Pembunuh Putranya! …

Tjiptadinata Effend... | 12 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: