Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Alpha Mariani

Memberikan yang terbaik dari apa yang kita punya

Kurikulum 2013

OPINI | 14 September 2013 | 14:03 Dibaca: 409   Komentar: 0   0

Sekolah saya adalah salah satu sekolah sasaran implementasi kurikulum 2013. Beberapa guru pengajar kelas VII sudah mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 selama 5 hari, saya termasuk di dalamnya. Meskipun sudah mendapat pelatihan ternyata masih banyak hal yang belum saya pahami.

Diklat online P4TK selama 15 hari yang sedang saya ikuti sekarang, juga memasukkan kurikulum 2013 di salah satu materi pelatihannya. Kalau dulu waktu pelatihan masih meraba-raba, dengan membaca lagi materi dari P4TK sudah mulai terang hehehe.

Materiberisi tentang elemen perubahan kurikulum 2013,yaitu : 1) Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, ketrampilan dan pengetahuan di kompetensi lulusannya, 2) kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi, 3) Untuk satuan Pendidikan SMP,kompetensi dikembangkan melalui mata pelajaran, 4) Perubahan struktur kurikulum baik mapel maupun alokasi waktunya, 5) Proses pembelajaran dan 6) Penilaian hasil belajarnya.

Selain perubahan kurikulum juga dibahas tentang pendekatan scientific dan penilaian autentik. Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah/scientific dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini dapat pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Pendekatan ilmiah yang dimaksud adalah proses yang berawal dari mengamati - menanya - menalar - mencoba dan membuat jejaring. Diharapkan setelah pendekatan scientific ini menjadi habit-kebiasaan dari peserta didik maka peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan soft skills(menjadi manusia yang baik) dan hard skills(manusia memiliki kecakapan danĀ  pengetahuan untuk hidup secara layak akan tercapai.

Penilaian autentik merupakan pengukuran proses atas hasil belajar peserta didikĀ  untuk ranah sikap , ketrampilan dan pengetahuan, Sedangkan jenis - jenis penilaian autentik adalah : 1) Penilaian kinerja, 2) Penilaian proyek, 3) Penilaian portofolio dan 4) Penilaian tertulis.

Materi ini jelas sangat mendukung saya sebagai guru sasaran implementasi kurikulum 2013, yang lebih mengasyikkan adalah tanya jawab di forum ini. Saya kadang hanya membaca dan mempelajari hanya dari komentar rekan - rekan peserta diklat. Saya masih kebingungan penilaian macam apa karena format Laporan Hasil Belajar belum diketahui, namun dari share teman - teman saya mulai tahu draft final dari Laporan Hasil Belajar di Kurikulum ini.

Buat panitia diklat….kalau diklat ini berakhir, tolong forum tanya jawab jangan ditutup ya ! Karena ini merupakan salah satu media saya untuk belajar (beberpa belum sempat saya baca…karena terkendala waktu, mungkin lain kali saya bisa lebih fokus membaca dan mencemati….. Jangan di off ya (please…)

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bola Lampu Pijar, 135 Tahun Penemuan yang …

Necholas David | | 22 October 2014 | 08:19

Angka Melek Huruf, PR Pemimpin Baru …

Joko Ade Nursiyono | | 22 October 2014 | 08:31

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

FFI, Hajat Insan Film yang Tersandera Tender …

Herman Wijaya | | 22 October 2014 | 14:35

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Calon Menteri yang Gagal Lolos …

Mafruhin | 9 jam lalu

3 Calon Menteri Jokowi Diduga Terlibat Kasus …

Rolas Jakson | 10 jam lalu

Suksesi Indonesia Bikin Iri Negeri Tetangga …

Solehuddin Dori | 10 jam lalu

Bocor, Surat Penolakan Calon Menteri …

Felix | 11 jam lalu

Fadli Zon dan Hak Prerogatif Presiden …

Phadli Hasyim Harah... | 11 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: