Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

A Bayu Prasetyo

Motivator Indonesia, Pembicara Seminar, Bisnis Coach, Hypnotherapyst, Pengusaha Revolutioner, "No Brain" Trainer. Ingin Mengundang? Silahkan selengkapnya

(Seminar) Membangkitkan Layanan Cinta di Perpustakaan

REP | 23 October 2013 | 04:54 Dibaca: 76   Komentar: 0   0

Dasar Pemikiran

Layanan perpustakaan merupakan tugas yang sangat penting dan muara dari semua kegiatan di perpustakaan. Pelayanan perpustakaan berarti kesibukan yang tiada akhir, kecuali layanan perpustakaan dinyatakan ditutup.

Cinta adalah sentral sehingga banyak manusia mau melakukan apa saja karenanya. Hati termotivasi karena cinta. Hati bergetar karena cinta. Hati berbunga-bunga juga karena cinta. Dengan cinta yang berbalur emosi surga, seseorang dapat menghasilkan karya yang berharga. Cinta kepada perpustakaan adalah hal yang wajar, karena perpustakaan adalah asset bangsa yang sangat berharga. Dengan perpustakaan bangsa menjadi terdidik sehingga menjadi bangsa yang maju. Negara menjadi unggul dan bisa bersaing secara kompetitif di percaturan dunia yang semakin mengglobal. Mencintai perpustakaan berarti mencintai bangsa dan negara.

Dalam realita keseharian tak jarang dijumpai adanya pustakawan yang merasa jenuh, kurang bergairah ketika memberikan pelayanan. Hal ini antara lain karena adanya rasa terbebani, terpinggirkan, dan kurangnya rasa cinta dalam pelayanan. Padahal bila merujuk pada SNI 7330:2009 tentang Layanan Perpustakaan, kegiatan layanan sangatlah penting.

Kemampuan pustakawan dalam melakukan pelayanan yang berkualitas sangat ditentukan kemampuan mereka dalam merubah image dari pelayanan adalah sebuah beban kepada pelayanan suatu tugas mulia.
Menyadari pentingnya hal tersebut maka pustakawan perlu mendapatkan motivasi dalam memberikan pelayanan dan terus meningkatkan kualitas diri, banyak senyum dan memberikan layanan dengan cinta sehingga akan tercipta sebuah layanan prima++ di perpustakaan. Layanan yang didasari oleh prinsip-prinsip tersebut diyakini dapat menciptakan perubahan dalam berbagai aktivitas di perpustakaan.

Tujuan

Dicapainya pemahaman tentang pentingnya sebuah layanan yang berkualitas di perpustakaan.
Termotivasinya pustakawan dalam memberikan pelayanan penuh cinta.
Tercapainya layanan penuh cinta dalam rangka menuju layanan prima.

Peserta
Peserta seminar nasional motivasi layanan cinta adalah semua pustakawan, baik dari lembaga negeri maupun swasta, pengelola semua jenis perpustakaan, pengamat kepustakawanan Indonesia, mahasiswa dan pengajar.

Tempat dan Waktu

Hari/Tanggal:           Selasa, 29 Oktober 2013
Waktu:                    08.00 – 14.00
Tempat:                   Ruang Seminar UPT Perpustakaan
Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Telp. 024- 850 8086

Tema Acara

Seminar Nasional “Membangkitkan Layanan Cinta di Perpustakaan” dalam rangka Mendukung Terciptanya Layanan Prima++ Perpustakaan.

Narasumber:
1. Bayu Prasetyo, S.E, CH., CHt.
(Motivator Indonesia, Hypnoteraphy, Trainer ‘No Brain’, Pengusaha Revolusioner, Pembicara Seminar, Penulis Buku Best Seller 44 Tips Rahasia Bisnis);
2. Drs. Mansur Sutedjo, M.Si
(Penulis Buku Layanan Cinta: Perwujudan Layanan Prima++ di Perpustakaan, Kepala Perpustakaan ITS Surabaya)

Kontribusi

Kontirbusi peserta seminar: Rp.125.000,-

Fasilitas:
Sertifikat
Seminar Kit
Coffee Break dan Makan Siang

Pendaftaran:
1. Indah Tri Pujiati, S.S.HP: 0856 4017 7333
2. Retma Inayati F.,S.S.HP: 0815 7715 343
3. Haminati Sarikha, S.S.HP:0856 4102 5725
atau Telp: 024-850 8086 (perpustakaan Unnes)

Cara Pembayaran
Biaya dapat ditransfer melalui rekening BNI Cabang UNNES a.n. Indah Tri Pujiati, S.S No.rekening 024 933 6186 dan paling lambat tanggal 23 Oktober 2013. Atau dapat dibayar langsung pada saat registrasi dengan konfirmasi terlebih dahulu melalui Indah Tri Pujiati, S.S dengan nomor telepon di atas.

Informasi Transportasi:
1. Bila naik bus dari arah Jogja/Solo turun di Terminal Sisemut Ungaran (± 7km), naik angkot warna hijau jurusan Kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati.
2. Bila naik bus arah kota Semarang (± 9km), turun di RSU Kariadi, naik angkot warna jingga jurusan Kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati.
3. Dari terminal Banyumanik, Semarang (± 10km), naik taxi ke Unnes, Sekaran, Gunungpati.

Salam Perubahan,

Administrator
BayuPrasetyo.com
Motivator Indonesia, Trainer “No Brain”, Pembicara Seminar, Pembicara Motivasi

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Melihat Peternakan Nyamuk di Loka Litbang …

Nurlaila Yusuf | | 18 December 2014 | 14:47

Bunga KPR Turun, Saatnya Beli Rumah? …

Rizky Febriana | | 18 December 2014 | 11:44

Kompasiana Drive&Ride: “Tantangan …

Kompasiana | | 16 December 2014 | 17:35

Rangkuman Foto: Menyusuri Monumen Penting di …

Bisurjadi | | 18 December 2014 | 14:42

Ikuti Blog Competition ”Warna Warni Indah …

Kompasiana | | 24 November 2014 | 10:50


TRENDING ARTICLES

Seleb yang Satu Ini Sepertinya Belum Layak …

Adjat R. Sudradjat | 6 jam lalu

Konyolnya Dokumen Hoax Kementerian BUMN Ini …

Gatot Swandito | 7 jam lalu

Menyoal Boleh Tidaknya Ucapkan “Selamat …

Dihar Dakir | 8 jam lalu

Presiden Jokowi Mesti Kita Nasehati …

Thamrin Sonata | 10 jam lalu

Pilot Cantik, Menawan, dan Berhijab …

Axtea 99 | 14 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: